Scroll to Top

GP Korea Terapkan Warning System

By Rheza Fadhlillah / Published on Friday, 14 Oct 2011

Korea International Circuit Warning system

FIA memutuskan untuk menggunakan warning system pada jalur keluar pit stop GP Korea yang dinilai oleh beberapa pihak membahayakan.

Sebuah insiden pada latihan bebas kedua hari jumat antara Nico Rosberg dengan Jamie Alguersuari lah yang rupanya mengawali keluarnya kebijakan tersebut. Kedua pembalap terlibat tabrakan pada tikungan pertama setelah Rosberg kehilangan kendali mobilnya lalu menabrak Alguersuari yang saat itu tanpa diduga keluar dari pit stop.

Atas kejadian itu tidak ada pembalap yang dijatuhkan sanksi, namun kemudian pemeriksaan lebih lanjut dilakukan mengenai kondisi jalur keluar pit yang terlalu dekat dengan tikungan pertama. Akhirnya dikeluarkanlah keputusan untuk menggunakan warning system yakni lampu biru yang menyala sebagai tanda akan ada pembalap yang keluar dari pit stop.

Keputusan tersebut diambil disebabkan tidak adanya pilihan lain selain memberikan sebuah lampu penanda karena tidak mungkin untuk melakukan perubahan desain sirkuit dalam waktu yang sangat singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda