Scroll to Top

Ragam Minyak Gosok Tradisional di Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 16 Oct 2011

minyak gosok

Berbagai merek minyak gosok berseliweran di iklan media massa. Mereka mengklaim memiliki produk minyak gosok yang lebih manjur. Ada yang menawarkan minyak kayu putih, minyak kayu putih sekaligus antinyamuk, dan sebagainya. Apa pun jenisnya, minyak gosok yang banyak diproduksi di Indonesia memang berkhasiat meringankan penyakit. Kandungan minyak atsiri hasil dari penyulingan tanaman tertentu, baik murni atau ditambah bahan alami lain, menjadi zat yang mampu melawan penyakit.

Ada berbagai jenis minyak gosok yang cukup dikenal di Indonesia berdasarkan tanaman yang disuling. Sebaiknya, pilihlah minyak yang sudah terdaftar di BPOM untuk mendapatkan produk yang terjaga keamanannya. Dan, pilihlah jenis minyak gosok yang sesuai kebutuhan Anda. Inilah jenis minyak itu.

  • Minyak kayu putih

Minyak ini bermanfaat menyembuhkan kembung, sakit perut, dan menghangatkan tubuh. Awalnya, tanaman kayu putih banyak terdapat di Ambon.Tapi, kini sudah tersebar. Bagian yang dipakai adalah daun dan ranting yang punya zat eukaliptol, ester asetat, pinen dan limonen.

  • Minyak lawang

Minyak dari Ambon dan Papua ini dapat menghangatkan tubuh, sekaligus baik bagi penderita rematik dan untuk minyak pijat. Rasa hangatnya lebih kuat dibanding minyak kayu putih.

  • Minyak gondopuro

Minyak gondopuro berkhasiat mengurangi pegal linu, keseleo, dan meredakan gigitan serangga. Minyak ini disebut pula minyak kasturi.

  • Minyak cengkeh

Manfaat minyak cengkeh sebagai penghangat tubuh dan meringankan sakit gigi ringan. Zat eugenol di dalam cengkeh mampu membunuh bakteri dan jamur yang penyebab sakit.

  • Minyak tawon

Bahan utamanya adalah minyak kelapa, minyak kayu putih, daun lada, bawang, jahe, dan kunyit. Ramuan semua bahan tersebut barguna untuk mengobati memar, minyak pijat, luka, dan meredakan gigitan serangga.

  • Minyak telon

Inilah minyak yang favorit dipakai oleh bayi. Terbuat dari minyak kayu pautih, minyak adas, dan minyak kelapa. Berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, mencegah flu, dan memberi rasa tenang.

  • Minyak cendana

Minyak ini bisa sebagai aroma terapi dan menghaluskan kulit. Kandungannya santalol, santalen, santenon, santalal, santalon, dan isovaleriladehida.

  • Minyak kemiri

Minyak kemiri mengandung vitamin B6, vitamin E, thiamin, dan fenolat. Zat tersebut bermanfaat menyuburkan rambut, pengencang kulit, mengatasi penyakit pernapasan, dan anti sinar UV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda