Scroll to Top

Jose Mourinho: Mustahil Saya Melatih Real Madrid dan Timnas Portugal

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 15 Oct 2011

Jose Mourinho Portugal

Jose Mourinho akhirnya mengeluarkan pernyataan pers seputar kemungkinannya melatih timnas Portugal. Menurut The Special One, belum ada tawaran apa pun dari Federasi Sepakbola Portugal (FPF). Dengan demikian, harapan masyarakat Portugal untuk setidaknya melihat salah satu pelatih terbaik dari negara mereka menangani Brazilnya Eropa ini, pupus.

 

Demi Lolos ke Euro 2012

Sebelumnya, pekan ini Mundo Deportivo mengklaim bahwa FPF ingin memakai jasa Mourinho. Setidaknya, untuk play-off Euro 2012. Ya, secara mengejutkan, Portugal gagal lolos dari Grup H.

Dalam pertandingan terakhir, Cristiano Ronaldo dkk. ditaklukkan tuan rumah Swedia dengan skor 2-1. Alhasil, Portugal cuma mengumpulkan 17 poin. Mereka kalah satu angka dari Swedia yang lolos sebagai juara grup.

Dalam babak play-off, Portugal akan menghadapi Bosnia & Herzegovina. Mantan negara perang tersebut juga bernasib sama dengan Portugal. Nyaris memenangi Grup D, Bosnia & Herzegovina harus puas menjadi runner-up. Dalam pertandingan terakhir, keunggulan 0-1 mereka dibuyarkan oleh penalti Samir Nasri.

Portugal sendiri berpeluang lolos ke Euro 2012. Maklum, dua tahun lalu, mereka juga menghadapi lawan yang sama dalam babak play-off Piala Dunia 2010. Selecao menang agregat 2-0 atas Bosnia & Herzegovina.

 

Tidak Pernah Ada Pendekatan dari FPF

Kembali ke sosok Jose Mourinho. Ia dianggap sebagai sosok pelatih ideal Portugal. FPF pun sudah lama menunjukkan keinginan merekrut pelatih kontroversial ini.

Tahun 2010, FPF konon sempat menawari Mourinho untuk menukangi Selecao dalam dua pertandingan awal kualifikasi Euro 2012. Namun, Real Madrid menolak hal ini.

Mourinho sendiri membantah adanya pendekatan dari FPF. Katanya, “Bohong besar! Hal ini sungguh tidak masuk akal! Jelas bagi saya, (melatih) Portugal dan Real Madrid adalah mustahil.”

“Tidak ada yang berpikir demikian. Tidak ada kontak sama sekali (antara saya dan FPF). Jadi, gosip ini harus segera selesai.”

 

Masih Menjadi Yang Kedua

Mourinho memang lebih baik berkonsentrasi untuk Real Madrid. Mengingat, dengan dana besar dan pemain-pemain super, Los Merengues belum mendapatkan gelar berarti dalam rezim Mou.

Satu-satunya gelar yang didapatkan musim lalu adalah Copa del Rey. Di final, Madrid menekuk Barcelona 1-0 lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo.

Untuk ukuran pelatih yang mengaku sebagai ikon sepakbola, jelas hal ini kurang wah. Apalagi, klubnya senantiasa menjadi yang kedua di Spanyol. Mereka kalah superior dari sang rival abadi, Barcelona.

Akhir pekan ini, Madrid akan menghadapi Real Betis dalam lanjutan La Liga. Kemenangan sangat dibutuhkan untuk mencongkel posisi Barcelona dari puncak klasemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda