Scroll to Top

Catalonia, Negara Eropa yang Tidak Ikut Kualifikasi EURO 2012

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 06 Jun 2011

Hari-hari ini kita disuguhi pertandingan demi pertandingan Euro 2012. Inggris nyaris dipermalukan Swiss sebelum akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 2-2. Sementara itu, Jerman dan Italia mulus menghindari hadangan lawan-lawan mereka.

Tahukah Anda, meskipun negara-negara Eropa tengah memerebutkan tiket untuk tampil di kompetisi empat tahunan Euro, ada satu “negara” yang tidak berpartisipasi. Negara tersebut adalah Catalonia.

Ya, sudah lama kita mendengar bahwa masyarakat Catalonia lebih suka disebut sebagai rakyat Catalan daripada rakyat Spanyol. Apalagi sejak era Jenderal Franco yang menindas Catalan. Sejak rezimnya pula bahasa dan bendera Catalan dilarang.

Nah, tim “negara” Catalan atau dikenal dengan istilah Catalan XI, memang sudah jauh-jauh hari “berdiri”. Tentu saja mereka tidak mendapatkan pengakuan baik dari FIFA maupun UEFA. Namun, Catalan XI tetap saja terus berjalan. Bahkan, beberapa pemainnya juga memperkuat timnas Spanyol.

Mengingat status mereka yang tidak diakui, Catalan XI bebas “dihuni” siapa pun yang memiliki keterikatan pada Catalan. Misalnya, Jordi Cruyff yang timnasnya sebenarnya adalah Belanda. Jordi mendapatkan kehormatan untuk memperkuat Catalan XI.

Kini, Catalan XI dilatih oleh pelatih kawakan, Johan Cruyff. Tim ini pun dihuni oleh pemain-pemain hebat semacam kiper Victor Valdes, bek Carles Puyol, gelandang Sergio Busquets, dan striker muda Bojan Krkic. Keempat pemain ini jelas tidak asing di telinga karena mereka juga memperkuat timnas Spanyol dan berada di tim tangguh Barcelona.

Pertandingan terakhir Catalan XI berlangsung pada 28 Desember 2010. Kala itu mereka mencukur Honduras 4-0.

Meskipun merupakan sempalan timnas Spanyol, uniknya Catalan XI pernah berhadapan dengan Spanyol pada masa rezim Jenderal Franco. Kala itu, mereka bersua dua kali. Pada pertemuan pertama, Catalan XI menang 3-1 dan pada pertemuan berikutnya mereka kalah 0-6.

Catalan XI juga tercatat pernah menghadapi tim besar dunia seperti Brasil, Prancis, dan Argentina.

Tagged as:

Komentar Anda