Scroll to Top

Masih Cedera, Nuri Sahin Tidak Masuk Daftar Pemain Real Madrid Menghadapi Real Betis

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 15 Oct 2011

Nuri Sahin

Pembelian Real Madrid seharga 55 juta Euro musim ini belum terlihat sepenuhnya. Bukan berarti pemain belian termahal musim panas, Fabio Coentrao tampil di bawah rata-rata. Melainkan karena Nuri Sahin, sang geladang masa depan Turki, belum merumput di Santiago Bernabeu.

Pemain yang didapatkan dari Borussia Dortmund seharga 10 juta Euro ini memang cedera sejak dibeli Mei lalu. Namun, bukan berarti a layak diremehkan.

 

Menengadahi Oezil

Nuri Sahin memiliki jaminan kualitas tinggi. Musim lalu, bersama rekan-rekan sesama anak muda lainnya, ia mengubah Borussia Dortmund menjadi tim tertangguh di Bundesliga. Tidak hanya menjuarai Liga Jerman dengan mutlak, tetapi juga memperagakan tontonan menghibur.

Jika dibandingkan, kalau Barcelona adalah tim ideal Spanyol, Dortmund dengan barisan “bau kencur” menancapkan kuku yang sama di Jerman.

Mourinho sendiri bukanlah pelatih bodoh. Biasanya, ia begitu tepat dalam membeli pemain baru. Nuri Sahin yang mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda di Bundesliga, setidaknya memiliki kapasitas mendekati atau bahkan setara dengan Mesut Oezil.

Musim lalu, Oezil dianggap bertindak konyol ketika memutuskan untuk menerima pinangan El Real. Posisinya sebagai starter Werder Bremen tidak akan bertahan ketika masuk tim sekelas Real Madrid. Apalagi Los Merengues memiliki Kaka, pemain terbaik dunia yang dibeli dari AC Milan. Namun, nyatanya anggapan tersebut salah. Di bawah komando Mourinho, Oezil tetap mengilap seperti dahulu.

 

Mengisi Lubang Lini Tengah

Sahin bisa mengisi lubang di lini tengah Madrid yang “kekurangan improvisator”. El Real memiliki lini pertahanan terbaik dengan Iker Casillas sebagai komando lini belakang.

Lini depan mereka juga dihuni oleh penyerang-penyerang top dunia. Siapa yang tidak mengenal Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Gonzalo Higuain?

Lini tengah Madrid pun sebenarnya luar biasa. Ada Xabi Alonso, Lassana Diarra, Fabio Coentrao, dan Sami Khedira sebagai gelandang jangkar. Oezil dan Kaka juga merupakan pengatur serangan yang tak kalah hebat. Namun, ketika bertemu Barcelona, Real Madrid yang biasanya menguasai ball possessions, seperti kehilangan gaya. Di depan Xavi, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets, kreativitas Madrid seolah terhenti.

Dua laga Piala Super Spanyol sedikit mengubah peta kekuatan. Barcelona yang musim lalu selalu menguasai bola lebih dari 60% mulai bisa diimbangi. Namun, tetap saja Madrid kalah oleh keajaiban Lionel Messi.

 

Raja Assist

Di sinlah tuah Nuri Sahin diharapkan. Musim lalu ia mengoleksi 6 gol dan 8 assist. Hal yang mengantarkannya menjadi pemain terbaik Bundesliga 2010/2011. Aksi-aksinya bisa dilihat dalam video berikut.

http://www.youtube.com/watch?v=GI37IyJct9A

Hal yang sama pernah dilakukan Oezil ketika masih di Werder Bremen. Oezil menjadi raja assist dengan 12 kali menciptakan peluang rekannya pada musim 2008/2009 dan 2009/2010.

Namun, sebelum terlalu memuji Sahin berlebihan, kita mesti menunggu kabar kepulihannya.

 

Skuad Pilihan

Berikut ini susunan pemain Real Madrid untuk menghadapi Real Betis (dikutip dari realmadrid.com)

Kiper: Iker Casillas, Antonio Adan, Jesus

Bek: Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Marcelo, Raphael Varane, Fabio Coentrao, Pepe

Gelandang: Mesut Ozil, Angel Di Maria, Xabi Alonso, Jose Callejon, Sami Khedira, Lassana Diarra, Kaka, Esteban Granero, Hamit Altintop

Penyerang: Cristiano Ronaldo,Gonzalo Higuain, Karim Benzema

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda