Scroll to Top

Liverpool vs Manchester United: Waspadai Semangat Tuan Rumah

By Wan Faizal / Published on Saturday, 15 Oct 2011

Torehan enam kemenangan dan sekali seri dalam tujuh pertandingan membuat Manchester United sedikit diunggulkan untuk memenangi laga melawan Liverpool di Stadion Anfield, Sabtu (15/10) pukul 18.45 WIB.

Namun cukup kah fakta tersebut untuk membuat The Red Devils unggul atas The Reds? Rasanya tidak, mengingat para skuad Liverpool selalu kesetanan ketika menjamu United di kandang sendiri. Musim lalu bisa dijadikan contoh bagaimana Dirk Kuyt dkk mampu mengalahkan United yang lebih diunggulkan dengan skor 3-1.

Setidaknya ada empat faktor yang membuat Liverpool begitu berambisi dan bergairah untuk memenangkan laga ini. Pertama tentu modal bermain di kandang. Siapa pun tahu, tidak mudah mengalahkan Liverpool jika mereka bermain di Anfield dan sedang dalam kondisi yang baik.

Kedua, modal kemenangan atas rival sekota, Everton, dengan skor 0-2 pada pertandingan terakhir dua pekan silam. Kemenangan itu bisa meyakinkan Luis Suarez dkk bahwa mereka bisa menumbangkan rival-rival mereka. Jika Everton bisa ditaklukkan, kenapa United tidak?

Ketiga, ambisi untuk kembali meraih predikat sebagai penguasa Liga Inggris. Sebelum era Premier League dimulai, Liverpool adalah penguasa Inggris dengan 18 gelar juaranya. Namun nir-gelar yang dialami Liverpool dalam dua dekade terakhir mampu dimanfaatkan United untuk mengejar perolehan gelar Liverpool. Saat ini United telah mengoleksi 19 gelar, unggul satu dari Liverpool.

Faktor terakhir tentu saja potensi kembalinya sang kapten Steven Gerrard sejak menit pertama. Pemain yang telah absen sejak bulan Maret lalu itu tentu sangat dinanti kembali penampilannya oleh fans Liverpool.

Dalam tiga pertandingan terakhir pelatih Liverpool, Kenny Dalglish, memang telah memanaskan “mesin” Gerrard dengan menurunkannya sebagai pemain pengganti. Diharapkan Gerrard sudah bisa panas saat turun dari menit pertama pada pertandingan nanti malam.

Terlepas dari itu semua, Liverpool tetap tak boleh meremehkan United. Status sebagai pemuncak klasemen sementara membuktikan kekuatan para pemain United, meski musim ini mereka banyak mengandalkan pemain muda. Terlebih duet bek andalan United, Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic, sudah siap kembali bermain di laga ini.

Hal lain yang menarik untuk ditunggu pada laga ini adalah ada pada diri Stewart Downing dan Ashley Young. Musim lalu keduanya masih bahu-membahu mengangkat nama Aston Villa. Kini, siapa diantara mereka berdua yang bisa memberi efek positif pada klubnya saat ini?

Hmm…agaknya memang rugi jika melewatkan pertandingan seru ini.

Perkiraan susunan pemain:

Liverpool: Pepe Reina, Martin Kelly, Martin Skrtel, Jamie Carragher, Jose Enrique, Lucas Leiva, Charlie Adam, Steven Gerrard, Stewart Downing, Dirk Kuyt, Luis Surez. Pelatih: Kenny Dalglish

Man. United: David De Gea, Chris Smalling, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Patrice Evra, Anderson, Darren Fletcher, Ashley Young, Nani, Javier Hernandez, Wayne Rooney. Pelatih: Sir Alex Ferguson

Head to head:

06-03-2011: Liverpool 3-1 Man. United

09-01-2011: Man. United 1-0 Liverpool

19-09-2010: Man. United 3-2 Liverpool

21-03-2010: Man. United 2-1 Liverpool

25-10-2009: Liverpool 2-0 Man. United

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda