Scroll to Top

Jahe Tangkal Peradangan Pemicu Kanker Usus

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 15 Oct 2011

jahe cegah kanker usus

Jahe memiliki khasiat untuk mencegah kanker usus, baik diminum atau dimakan. Penyebabnya, zat anti-inflamasi atau antiradang yang ada dalam jahe, mampu menangkal pembentukan sel tumor di usus sebelum berkembang menjadi kanker yang ganas.

Pada penelitian terhadap tikus, zat antiradang pada jahe  dapat menangkal efek buruk zat kimia yang menyebabkan peradangan di usus tikus. Zat kimia tersebut, jika dibiarkan, dapat membuat peradangan yang berimplikasi pada munculnya kanker.

Penelitian serupa dilakukan Prof. Suzanna Zick pada manusia. Sejumlah 30 relawan sehat, diperiksa contoh jaringan di ususnya sebelum dan sesudah diberikan jahe secara rutin. Mereka makan 20 gram jahe bubuk atau kapsul placebo selama satu bulan. Dosis jahe ini setara dengan dua takar sendok makan.

Setelah membandingkan contoh jaringan yang ada, hasilnya jahe dapat menurunkan peradangan usus yang terjadi. “Peningkatan peradangan, radang kronis di jaringan usus sangat kuat terkait dengan luka prakanker, kanker, atau polip,” kata Zick.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda