Scroll to Top

Hasil Kualifikasi MotoGP Australia: Pole Position Ke-11 Buat Casey Stoner

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 15 Oct 2011

Stoner Phillip Island

Casey Stoner melanjutkan rangkaian rekor pole position miliknya dengan merajai kualifikasi di Sirkuit Phillip Island.

Stoner sukses mencetak pole position untuk ke-11 kalinya setelah menunjukan kecepatan Honda RCV212V miliknya pada fase akhir kualifikasi. Stoner menjadi satu-satunya pembalap yang berhasil menembus catatan waktu di bawah satu menit 30 detik.

Ia meraih waktu terbaik satu menit 29.975 unggul nyaris 0.5 detik dari Jorge Lorenzo di posisi kedua. Lorenzo merupakan satu-satunya pembalap yang memiliki kesempatan paling besar untuk menunda pesta Stoner meraih gelar juara dunia MotoGP 2011 di Australia.

Marco Simoncelli menjadi pembalap terakhir yang mengisi tiga besar pada kualifikasi setelah berhasil meredam performa luar biasa Alvaro Bautista bersama Suzuki. Bautista pun harus puas berada di posisi keempat.

Posisi tersebut merupakan posisi terbaik yang berhasil diraih Bautista sepanjang karirnya membalap di kelas para raja. Posisi kelima diisi oleh pembalap Spanyol, Andrea Dovizioso, yang tahun depan telah dinyatakan resmi berseragam Tech3 Yamaha.

Nicky Hayden kemudian mengikuti di posisi keenam kalah tipis 0.012 detik dari Dovizioso. Pembalap Amerika lainnya, Ben Spies mengisi posisi ketujuh diikuti Dani Pedrosa di posisi delapan. Spies dan Pedrosa sama-sama gagal menampilkan penampilan terbaiknya setelah keduanya sempat mengalami kecelakaan pada sesi ini.

Dua posisi terakhir diisi oleh Colin Edwards dan Loris Capirosi yang secara berurutan mengisi posisi sembilan dan sepuluh. Penampilan apik berhasil ditujukan Capirossi yang baru saja kembali membalap usai mengalami cedera bahu.

Stoner akan segera menjalani ronde pertamanya menuju gelar juara dunia MotoGP 2011 di Phillip Island esok hari. Catatan baik Stoner di Australia menjadi patokan betapa hebatnya the kuri-kuri boy saat tampil di depan pendukungnya sendiri.

Melihat rekor baiknya tersebut bukan tanpa alasan Stoner terpilih sebagai pembalap yang memiliki kans paling besar untuk memenangkan balapan di hari Minggu nanti. Sementara rival terdekatnya, Lorenzo mengisi unggulan kedua.

Pertarungan ketat diprediksi akan terjadi dalam perebutan posisi ketiga, Simoncelli, Dovizioso, Bautista dan Dani Pedrosa adalah nama-nama yang kemungkinan besar terlibat dalam pertarungan tersebut.

Hasil Kualifikasi MotoGP Australia :

  1.     Casey Stoner      Honda           1:29.975s
  2.     Jorge Lorenzo     Yamaha          + 0.473s
  3.     Marco Simoncelli  Gresini Honda   + 0.624s
  4.     Alvaro Bautista   Suzuki          + 0.739s
  5.     Andrea Dovizioso  Honda           + 0.805s
  6.     Nicky Hayden      Ducati          + 0.817s
  7.     Ben Spies         Yamaha          + 0.860s
  8.     Dani Pedrosa      Honda           + 0.896s
  9.     Colin Edwards     Tech 3 Yamaha   + 1.262s
  10.     Loris Capirossi   Pramac Ducati   + 1.608s
  11.     Randy de Puniet   Pramac Ducati   + 1.660s
  12.     Hiroshi Aoyama    Gresini Honda   + 1.914s
  13.     Valentino Rossi   Ducati          + 2.005s
  14.     Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha   + 2.048s
  15.     Karel Abraham     Cardion Ducati  + 2.079s
  16.     Toni Elias        LCR Honda       + 2.528s
  17.     Damian Cudlin     Aspar Ducati    + 6.691s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda