Scroll to Top

Kuman Selalu Ada di Sekitar Kita

By Ika / Published on Sunday, 16 Oct 2011

hand washingMemperingati Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober, diadakan sebuah survey untuk mengetahui perilaku atau kebiasaan seseorang berhubungan dengan kebersihan dan tingkat higienis. Hasilnya, satu dari sepuluh orang mengakui bahwa mereka menghindari transportasi umum karena khawatir dengan masalah kebersihan dan tingkat higienis dari transportasi umum tersebut.

Hampir dua pertiga responden menyatakan bahwa mereka sengaja menghindari suatu acara pertemuan atau membatalkan rencana yang mengharuskan mereka naik transportasi umum. Kenapa? alasannya tentu saja karena mereka khawatir akan kebersihan di angkutan umum tersebut.

Setengah dari responden mengaku bahwa mereka menghindari penggunaan toilet umum. Seperempatnya mengatakan kalau mereka tidak akan berenang di kolam renang umum atau memakai shower di sebuah gym karena cemas dengan kebersihan di tempat-tempat tersebut. Bahkan 7% responden menyatakan bahwa mereka sengaja menolak undangan makan malam di rumah teman hanya karena tidak yakin dengan tingkat higienis atau kebersihannya.

Laporan dari survey tersebut menunjukkan bahwa masih begitu banyak orang yang sangat terobsesi dengan kebersihan. Mereka bahkan memutuskan untuk tidak bersosialisasi apabila hal tersebut membuat mereka terancam akan terkontaminasi bakteri atau kuman. Namun sebuah laporan lain yang sudah dirilis sebelumnya, menyebutkan bahwa masih banyak pula yang ternyata tidak menyadari betapa seringnya kita berinteraksi dengan bakteri dan virus.

Seperti yang dikutip Sidomi News dari Telegraph, seorang ilmuwan dari Universitas London menemukan bahwa satu dari enam ponsel yang ada di Inggris terkontaminasi bakteri dari feses atau kotoran.

Laporan dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia ini adalah hasil survey dari 7000 orang yang tersebar di sembilan negara (Inggris, Jerman, Cina, Perancis, Australia, Meksiko, Rusia, Swedia dan Amerika Serikat). Di laporan ini juga disebutkan bahwa ternyata 51% dari keseluruhan responden wanita mengatakan bahwa mereka akan berusaha untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, sedangkan untuk pria hanya 46%. Ini menunjukkan bahwa wanita lebih memperhatikan kebersihan daripada pria.

Phil Warner, direktur dari perusahaan SCA (perusahaan yang mengeluarkan produk-produk kebersihan) mengatakan bahwa kebersihan adalah hal terpenting bagi sesorang.

“Menolak menggunakan toilet umum, menolak undangan makan malam dari seorang teman, semua itu menunjukkan bahwa kebersihan masih menjadi perhatian utama bagi semua orang,” katanya.

Phil Warner juga menambahkan bahwa sebagian besar masyarakat Inggris sangat menjunjung tinggi kebersihan. Salah satu buktinya adalah 73% wanita Inggris menganggap bahwa kebersihan adalah hal yang sangat penting dalam membesarkan seorang anak.

Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati tanggal 15 Oktober setiap tahunnya, bertujuan agar setiap orang menyadari pentingnya kebersihan dan menjadikan aktivitas cuci tangan dengan sabun sebagai kebiasaan setiap hari yang bisa dilakukan di mana saja. Hal ini tentu saja untuk menghindari penyebaran penyakit, misalnya flu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda