Scroll to Top

Google Play Store Permudah Pengguna Temukan Aplikasi & Game Lokal

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 26 Mar 2014

Google Play

Google Play Store dihuni oleh sejumlah game dan aplikasi hasil besutan pengembang dari pelbagai negara. Pengguna terkadang tak mengetahui jika ada aplikasi lokal atau dibesut oleh developer dalam negeri. Google nampaknya menyadari akan hal itu. Di Toko Aplikasi Android mereka hadirkan kategori baru yang bernama Homegrown Apps and Games.

Hanya saja kategori itu belum muncul di Google Play Store global. Dalam artian, kategori di atas hanya muncul di wilayah tertentu. Di ‘tangkap gambar’ di atas adalah tampilan Google Play Store untuk wilayah Australia.

Itu berarti di kategori tersebut Google Play hadirkan sejumlah game dan aplikasi ‘Made in Australia’. Tentu saja ketegori itu cukup membantu pengembang lokal untuk bersaing dengan aplikasi populer papan atas.

Bisa dibilang, Google tidak menutup mata akan potensi pengembang lokal di wilayah mana pun. Apakah Google lakukan itu setelah melihat fenomena Flappy Bird?

Dong Nguyen bukan developer dari negara adidaya. Ia adalah pria asal Vietnam yang merangkak dari pengembang game independen. Ini bisa jadi indikator jika pengembang lokal tak kalah bertaji dengan developer luar.

Selain itu, Google juga berikan penawaran menarik bagi pengguna (Australia) yang mengunduh aplikasi dan game lokal. Itu bisa jadi pematik agar pengguna setempat lebih memainkan aplikasi dalam negeri. Tak ada informasi detail apakah Google akan lakukan kebijakan di atas secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda