Polwan

Pendaftaran Polwan dan Polri 2014, membutuhkan sekitar 17 ribu personel. Dengan rincian, 7 ribu personel Polwan dan 10.050 personel Polisi (laki-laki). Kepolisian Republik Indonesia atau Polri tahun ini membuka peluang dan pintu pendaftaran untuk calon Bintara.

“Memang tahun ini Polri menerima calon brigadir lebih banyak dari tahun sebelumnya,” demikain ujar Irjen Pol Dwi Priyatno, Kapolda Metro Jaya.

Melanjutkan, kuota untuk Polwan, sesuai instruksi Presiden ditambah. Kuota nasional untuk Polwan tahun ini sebanyak 7 ribu personel, lebih banyak dari tahun ajaran sebelumnya. Demikian tulis Detik.

Lalu, kuota untuk Polisi sebanyak 10.750 personel secara nasional. Ternyata, selain intruksi presiden, ada alasan lain mengapa kuota Polwan membengkak.

Korban perempuan dalam kasus kekerasan, sambung Dwi, akhir-akhir ini meningkat. Kebijakan Presiden tahun ajaran 2014 kuota ditambah dan diperbanyak karena melihat masifnya kasus tersebut.

Dalam pada itu jumlah Polwan dinilai masih sangat minim. Tercatat ada 13 ribu Polwan yang tersebar di seluruh Polda. Sementara di Polda Metro Jaya sendiri hanya miliki 2.000 Polwan atau sekitar 2% total personel Polisi yang capai 19 ribu orang.

Berikut syarat pendaftaran Polwan 2014:

  • Tinggi badan: 155 cm (Polwan)
  • Ijazah: SMA/SMU jurusan IPA/IPS/Bahasa dan SMK dengan nilai gabungan UN dan sekolah minimal 6,0
  • Pendaftaran dibuka mulai 26 Maret – 15 April 2014. Info lengkap, kunjungi Penerimaan.polri.go.id.