Scroll to Top

Barcelona: Tim Tersubur dan Pertahanan Terapat di Kandang

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 17 Oct 2011

Barcelona

Memaksakan gelandang bertahan menjadi bek tengah adalah ketololan paling fatal bagi seorang pelatih.

Dengan pemain yang tidak memiliki naluri bertahan yang mumpuni, gawang bisa dengan mudah bocor oleh penyerang lawan. Demikianlah bayangan umum yang berlaku di dunia sepakbola.

 

427 Menit Tak Terbobol

Ketika Javier Mascherano dan Sergio Busquets didapuk Josep Guardiola sebagai bek, bayangan menyeramkan inilah yang semestinya terwujud. Nyatanya, tidak demikian. Bahkan, sudah hampir sebulan skuad Azulgrana tidak terbobol.

Tercatat, sudah 427 menit atau setara dengan 5 pertandingan kurang sedikit, barisan belakang Barcelona berhasil membuat Victor Valdes merasakan clean sheet. Dengan pertahanan “serba minus” nyatanya para penyerang Athletic Bilbao, Bate Borisov, Sporting Gijon, dan terakhir Racing Santander, diam membisu di depan gawang Valdes.

 

Kualitas Sempurna di Liga

Lalu, jika statistik dibicarakan, kita bisa melihat hal luar biasa lain. Camp Nou menjadi tempat angker bagi setiap lawan di laga La Liga.

Lupakan Liga Champions, tempat Barcelona bertemu tim-tim elite Eropa. Mereka pernah dibobol dua kali oleh AC Milan di Camp Nou September lalu.

Lihatlah dominasi barisan Blaugrana ketika berhadapan dengan tim-tim Liga Spanyol. Tercatat, sudah tujuh laga berlalu di Camp Nou, dan gawang Victor Valdes tidak kemasukan satu gol pun!

 

21 Gol dalam 4 Pertandingan

Catatan impresif pertahanan Barcelona di kandang bertalian erat pula dengan agresivitas lini serang mereka. Neraka Camp Nou tidak hanya menjadi kuburan bagi penyerang lawan. Tetapi juga, bagi barisan bek mereka.

Tercatat, sepanjang musim ini, di ajang Liga Spanyol, pasukan Pep Guardiola menjebol gawang lawan 21 kali. Termasuk kemenangan besar atas Osasuna 8-0. Kalau dihitung, rata-rata Lionel Messi dkk. mengemas 5,25 gol dalam satu pertandingan.

 

Tim Sempurna

Barcelona sementara tak tertahan di Liga. Demikian pula di Liga Champions. Kekhawatiran seberapa tangguh barisan pertahanan mereka menghadang penyerang-penyerang lawan, setidaknya sedikit memupus dengan melihat track record luar biasa di Liga. Urusan serangan, tidak ada yang membantah lagi kesaktian Blaugrana.

Jadi, siapa yang bisa mengalahkan tim sempurna ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda