Scroll to Top

Sibuk Syuting, Irfan Bachdim Dicoret dari Timnas U-23

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 17 Oct 2011

Irfan Bachdim

Lupakan Irfan Bachdim. Penyerang Persema ini tidak lagi masuk dalam daftar skuad timnas U-23. Namanya dicoret menyusul ketidakhadiran Irfan dalam beberapa latihan.Termasuk, ujicoba semalam antara Garuda Muda menghadapi Persiba Bantul yang berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk timnas U-23.

 

Artis Dadakan

Irfan tidak cedera. Pencoretannya lebih disebabkan oleh tindakan indisipliner. Maklum, sejak ketampanannya menyeruak pasca Piala AFF 2010, Irfan lebih sibuk dengan dunia selebritis.

Irfan beberapa kali tampil sebagai bintang iklan. Ia juga menjadi cameo dalam film “Tendangan dari Langit” garapan Hanung Bramantyo. Meskipun oleh banyak pengamat film, aktingnya bersama sang saudara ipar, Kim Jeffrey Kurniawan, lebih mirip zombie karena terlalu kaku.

Mangkirnya Irfan dari timnas U-23 pun disebabkan oleh hal-hal non teknis semacam ini. Menurut Rahmad Darmawan (RD), sang pelatih Garuda muda, Irfan mengaku sibuk tampil untuk sebuah iklan. Ia juga “direpotkan” dengan urusan mengantar sang istri, Jennifer Kurniawan, ke dokter.

Rahmad Darmawan sebenarnya sempat menunggu niatan baik Irfan. Namun, Irfan berkeras baru bisa bergabung dengan Garuda Muda pada 23 Oktober. Tentu hal ini sangat merugikan tim.

Seorang pemain baru, sehebat apa pun, baru datang di saat-saat terakhir, akan mengorbankan seluruh tim. Tidak mungkin timnas U-23 mesti menunggu dan mengalah dari mantan pemain yang merumput di Liga Belanda ini.

Irfan sendiri, mengaku menerima keputusan RD dan berharap suatu saat bisa dipanggil ke timnas lagi.

 

Irfan Who?

Satu hal yang ironis adalah status Irfan sebagai pemain jebolan sekolah sepakbola luar negeri. Biasanya, pemain yang mentas di sana, terkenal sangat disiplin. Tidak ada toleransi sedikit pun untuk hal remeh-temeh. Semuanya menjunjung profesionalisme.

Namun, yang terjadi pada Irfan justru sebaliknya. Ia seolah “tertular” kebiasaan buruk para pemain Indonesia lainnya. Ataukah, Irfan sudah merasa menjadi bintang sehingga bisa berbuat “seenaknya sendiri” walaupun keadaannya sangat terdesak sekalipun?

Pertanyaan pun mencuat. Seberapa pentingkah Irfan untuk timnas U-23? Seandainya timnas tampil istimewa dalam SEA Games mendatang, kita boleh berkata, “Irfan Who?”. Namun, sebaliknya, ketika gagal, akan ada legitimasi dari beberapa oknum untuk mencecar RD yang tidak mau memasukkan namanya ke dalam tim.

 

Asa Berlebihan

Bicara tentang SEA Games yang tinggal sebentar lagi, mau tidak mau kita mesti bicara prestasi. Sebagai tuan rumah, Indonesia berharap untuk merebut medali emas dalam cabang sepakbola.

Maklum, sejak sepakbola di SEA Games hanya boleh menggunakan pemain timnas U-23, Indonesia belum sekalipun menembus final. Bahkan, dalam dua ajang SEA Games terakhir, timnas langsung gugur di babak penyisihan.

One thought on “Sibuk Syuting, Irfan Bachdim Dicoret dari Timnas U-23”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda