Scroll to Top

Bagaimana Cara Mengetahui Follower Twitter Palsu

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

Tidak dapat dipungkiri, salah satu kebanggaan dalam ber Twitter adalah banyaknya follower yang Anda miliki. Terlebih lagi jika Anda memiliki suatu akun bisnis di Twitter, follower bisa berarti konsumen potensial Anda.

Ada banyak tips dan cara untuk meningkatkan jumlah follower Anda. Baik cara yang “beradab”, maupun cara “jalan pintas”.

Mungkin dengan cara “beradab”, sesuai Twitter etiket, akan sulit dan lama sekali Anda menambah jumlah follower dengan jumlah yang signifikan. Kecuali Anda memang berbakat bersosialisasi dan memiliki sesuatu yang luar biasa untuk “dijual” kepada follower Anda.

Akan tetapi, tidak menutup mata, ada juga beberapa orang yang justru memilih mengambil “jalan pintas” untuk mendapatkan tambahan follower yang cukup signifikan jumlahnya.

Salah satu caranya yaitu dengan cara mem-follow beberapa orang asing yang tidak Anda kenal, dan berharap mereka akan mem-follow kembali Anda. Begitu Anda sudah di-follow olehnya, dengan mudahnya Anda dapat meng-un-follow mereka kembali.

Kejam! Tetapi itulah yang memang banyak terjadi di dunia per-Twitter-an.

Atau yang lebih mudah lagi, jika Anda hanya memikirkan jumlah follower, tanpa peduli bagaimana interaksi sosial Anda, cukup banyak orang-orang yang menawarkan jasa penambahan follower dengan imbalan sejumlah uang.

Pasti Anda pernah mendengarnya, bukan?

Apa sebenarnya keuntungan memiliki banyak follower? Selain untuk bisnis, untuk akun pribadi, jumlah follower yang besar terkadang memancing follower baru untuk tertarik ikut menjadi followernya juga.

Karena mereka pasti mengira, “wah, orang ini gaul juga ya, followernya aja 26.000. gw ikut juga deh!”.

Padahal, belum tentu follower tersebut murni diperoleh karena interaksi sosialnya yang cukup aktif di dunia sosial media, Twitter khususnya.

Ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa follower beberapa orang tersebut ditengarai aspal alias asli tapi palsu.

Salah satunya adalah jika Anda perhatikan pada Twitter feednya, tidak banyak tweet bermutu yang dipostingnya. Jikapun timeline nya penuh, pasti hanya penuh dengan tweet yang diulang-ulang atau re-tweet dari postingan orang lain.

Atau cara yang lain, Anda dapat mengakses TwitterCounter, yaitu sebuah aplikasi Twitter, dimana Anda dapat melihat pergerakan statistik akun Twitter seseorang dari hari ke hari.

Jika Anda melihat ada perubahan mencolok dalam waktu singkat, misalnya dalam 1 atau 2 hari saja tiba-tiba jumlah followernya meroket, Anda bisa pastikan followernya aspal!

Caranya cukup mudah, Anda cukup memasukkan nama akun Twitter seseorang yang ingin Anda ketahui statistiknya di sudut kanan atas situs tersebut, seperti pada gambar berikut:

Kemudian tekan “enter”, atau tekan simbol “search”. Maka Anda akan melihat statistik seperti gambar contoh berikut:

Nah, jangan terburu terprovokasi dengan banyaknya jumlah follower yang dimiliki seseorang. Kecuali ia seorang artis atau public figure, Anda bisa mengajukan mosi tidak percaya Anda dengan menggunakan beberapa langkah diatas.

Selamat mencoba!

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda