Scroll to Top

Obesitas Lebih Merugikan Remaja Perempuan Daripada Pria

By Ika / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

remaja obesitasSeorang ilmuwan mengatakan bahwa wanita yang mengalami obesitas lebih beresiko memiliki tekanan darah tinggi daripada seorang pria. Menurut peneliti dari Universitas California, seorang gadis remaja yang mengidap obesitas akan 9 kali lipat lebih beresiko mengalami penyakit yang sering disebut sebagai ‘silent killer’ ini bila dibandingkan dengan teman-teman mereka yang tidak obesitas.

Sedangkan pada remaja laki-laki gemuk, mereka akan memiliki resiko 3,5 kali lipat terhadap tekanan darah tinggi bila dibandingkan dengan remaja laki-laki lain yang berberat badan normal.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.700 remaja berusia antara 13 – 17 tahun. Hasilnya, obesitas memiliki dampak yang lebih besar terhadap tekanan darah remaja perempuan dibandingkan pada remaja laki-laki.

Bila hal ini tidak segera diatasi, maka akan terjadi tekanan yang besar terhadap arteri dan dapat meningkatkan resiko serangan jantung, stroke, maupun penyakit ginjal.

“Secara keseluruhan, seseorang yang memiliki berat badan berlebih dan memiliki tekanan darah tinggi akan mengalami komplikasi kardiovaskular,” kata Profesor Rudy Ortiz sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Ia juga menambahkan, penelitian ini menunjukkan bahwa wanita dengan obesitas memiliki resiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan daripada pria.

Peneliti mengatakan bahwa berat badan rata-rata atau BMI (Body Mass Index), baik pada wanita atau pria, sangat berhubungan dengan tekanan darah. Seseorang dengan angka BMI lebih dari 30 sudah termasuk obesitas, karena itu mereka harus waspada terhadap tekanan darah tinggi yang bisa mengintai mereka.

Pada wanita, biasanya hormon estrogen yang ada di dalam tubuh bisa melindungi wanita dari penyakit jantung, namun hal ini bisa saja tidak terjadi ketika wanita tersebut mengalami obesitas.

Profesor Ortiz yang mempresentasikan penelitiannya ini di Mississipi juga mengatakan bahwa obesitas bisa menjadi pertanda buruk bagi kelangsungan hidup seorang remaja, terutama bagi wanita, terkait dengan masalah kesehatan.

Hampir seperempat remaja di Inggris telah mengalami obesitas. Sedangkan 30% orang di negara yang sama telah memiliki tekanan darah tinggi, namun mereka tidak menyadari hal itu karena tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala yang jelas.

Langkah yang paling efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi termasuk menurunkan berat badan adalah selalu berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda