Scroll to Top

10 Fakta Unik & Menarik Tentang Google Glass

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 16 Apr 2014

Google Glass Fakta

Google Glass telah dilepas ke publik (AS) pekan ini. Dengan harga Rp 17 jutaan (USD 1.500) siapa saja kini bisa memilikinya. Nah, ada sejumlah fakta unik dan menarik terkait kehadiran kacamata pintar produksi Google itu. Apa saja sejumlah hal tersebut? Berikut 10 diantaranya.

1. Dipakai founder Google saat konferensi

Sejak diperkenalkan, setiap kali Google menghelat konferensi, sang founder, Larry Page dan Sergey Brin selalu memakainya. Apakah keduanya membaca teks “pidato” lewat Google Glass saat di atas panggung?

2. Harga selangit

Melihat harga Google Glass tentu saja semua orang pasti gigit jari. Tentu pecinta wearable device ingin memilikinya. Namun, tidak semua orang rela rogoh kocek Rp 17 juta hanya demi sebuah kacamata. Harga tersebut bisa untuk membeli 8 kacamata Rudy Project atau 5 kacamata Oakley.

3. Frame jadi layar sentuh

Frame Google Glass di sebelah kiri berwarna putih bukan berposisi sekadar sebagai penyangga layar mini namun juga miliki fungsi navigasi. Lewat sentuhan jemari, Google Glass bisa dioperasikan lewat frame tersebut. Selain dengan perintah suara tentunya.

4. Terinspirasi film Star Trek: The Next Generation

Project Glass – proyek produk Google Glass – disinyalir terinspirasi sebuah film Start Trek. Di Film itu, Geordi LaForge, seorang insinyur buta di abad ke-24 gunakan sebuah kacama VISOR untuk akses dan lihat data dari kapal luar angkasa.

5. Nonton video sambil jalan

Tak hanya sambil berjalan, nonton konten multimedia bisa dilakukan sambil makan, duduk, atau aktivitas apapun yang dilakukan pengguna asalkan Google Glass nyantol di telinga. Ada segi positif dan negatif. Contohnya, jika dipakai anak-anak, bilamana mereka akses konten yang tidak sesuai usianya?

6. Didesain mantan insinyur Apple

Adalah Isabelle Olsson sang desainer Google Glass yang ternyata adalah mantan insinyur perusahan Cupertino. Ia tinggalkan Apple pada Juni 2011 dan bergabung ke tim Google X.

7. “Kecil-kecil cabe rawit”

Ukuran Google Glass memang sangat mini. Ini bisa dilihat frame putih yang menopang layar di bagian bodi. Namun, kacamata ini cukup rumit dan kompleks terkait teknologi yang diusung. Coba bayangkan, dari ukuran sekecil itu tersemat teknologi Bluetooth, Wi-Fi, GPS, speaker, kamera, microfon, touchpad, dan masih banyak lagi.

8. “Okay Glass”

Di awal disebut jika navigasi menggunakan sentuhan. Namun, untuk perintah, kacamata Google ini andalkan voice. Pengguna tinggal berucap “Okay Glass” diikuti dengan command. Ini seperti perintah saat mengakses Google Now (“OK Google”).

9. Bisa di-make over

Bingkai Google Glass memang sangat simple. Namun, bagi mereka yang peduli soal fashion bisa lakukan make over dengan memilih frame yang sesuai. Jadi, tak usah takut mati gaya saat kenakan Google Glass.

10. Dicekal di negeri asal

Perjalanan Google Glass tak selalu mulus. Belum dirilis, beberapa kali penggunaan kacamata ini dilarang. Di “kota judi” Las Vegas Google Glass tak dizinkan dipakai. Terkini, seorang pengguna Google Glass ditangkap di dalam gedung bioskop karena diduga lakukan perekaman video (film).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda