Scroll to Top

Giliran Fergie Bela Wayne Rooney

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson atau yang biasa disapa Fergie, menilai larangan bermain dalam tiga pertandingan yang dijatuhkan UEFA pada Wayne Rooney terlalu berat.

Hukuman itu didapat Rooney karena ia mendapat kartu merah langsung saat Inggris bermain imbang 2-2 melawan Montenegro dalam laga terakhir kualifikasi Euro 2012, setelah melanggar Miodrag Dzudovic.

Dengan hukuman itu, otomatis Rooney tidak akan tampil dalam tiga laga babak grup Euro 2012 jika namanya diikutsertakan pelatih Fabio Capello ke Polandia-Ukraina.

“Ketika berita tentang hukuman itu datang, Rooney sangat terpukul. Ia tidak mengharapkan itu. Tak seorang pun yang menginginkan melakukan tindakan (yang berujung kartu merah) itu,” ujar Fergie.

“Itu adalah tindakan yang konyol, tapi tidak membahayakan. Kehilangan pemain seperti Wayne dalam tiga laga awal sebuah kejuaraan besar akan menjadi tidak mudah.”

Fergie sendiri telah “menghukum” Rooney atas tindakannya itu dengan tidak menurunkannya sebagai starter saat United berjumpa Liverpool akhir pekan lalu. Namun Fergie mengaku akan memainkan Rooney sejak menit pertama saat United bertandang ke Otelul Galati di ajang Liga Champions.

“Rooney akan bermain besok,” ungkap Fergie.

Sebelumnya, beberapa pembelaan terkait hukuman Rooney juga telah berdatangan. Kapten Liverpool, Steven Gerrard, terang-terangan meminta Capello untuk tetap membawa Rooney ke Euro 2012.

“Menurut saya, Rooney harus tetap dibawa ke ajang tersebut. Anda harus mengambil resiko dengan membawanya ke putaran final. Sangat disayangkan ia akan absen dalam tiga pertandingan. Semua orang terpukul dengan kejadian ini.”

Bahkan Dzudovic, pemain yang menjadi korban kekerasan Rooney dalam pertandingan itu juga menilai hukuman tersebut terlalu berat bagi Rooney. Dzudovic mengaku siap membantu Rooney agar hukumannya bisa dikurangi.

“Hukuman itu sangat tidak adil. Ia sama sekali tidak sadar atas tindakannya saat itu. Setelahnya ia langsung mendatangiku dan meminta maaf,” ujar Dzudovic.

“Saya akan membela Rooney jika ia mengajukan banding atas hukumannya tersebut,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda