Scroll to Top

Merch Store: Fitur Baru Youtube Akan Untungkan Para Musisi

By Erni Dwi / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

YouTube Merch Store

Nampaknya Youtube akan mengembangkan sayapnya di bidang Social Commerce. Dengan meluncurkan produk terbarunya yang bernama “Merch Store” pada beberapa pekan yang akan datang , Youtube akan menggandeng partnernya untuk fitur terbarunya tersebut.

Merch Store adalah sebutan bagi  fitur terbaru yang akan dirilis Youtube sebagai upaya menggandeng partnernya untuk menawarkan merchandise langsung melalui kanal akun partnernya. Pada awal peluncurannya nanti Youtube merencanakan memulainya dengan partner-partnernya di bidang musik.

Sebelumnya mungkin Youtube hanya menyediakan ruang link untuk mengkoneksikan kanal Youtube para musisi dengan website mereka untuk mengunduh lagu atau memesan merchandisenya, namun melalui Merch Store ini diharapkan para fans akan dapat dengan mudah untuk mendownload lagu, memesan konser tiket dan meetups, t-shirt dan lain-lain.

Seperti yang dikutip dari pernyataan Christian Weitenberner, Senior Technical Account Manager dari YouTube  pada Blog Youtube :

“Apakah pertunjukan  anda merupakan pertunjukan yang besar atau sebagai pembuka acara tertentu atau jamming dari ruang tamu anda , kami ingin memberikan kesempatan bagi anda untuk mencari penonton dan menciptakan karir anda melalui Youtube”.

Selain itu Youtube juga telah memberikan beberapa perubahan untuk mempermudah para indie label untuk menjadi partner Youtube . Bagi anda para indie label yang berminat anda bisa mendaftar di halaman registrasinya (http://www.youtube.com/content_id_signup).

Belum ada klarifikasi apakah fitur ini akan nantinya dapat digunakan untuk akun youtube yang bukan musik, tapi bisa jadi jika melihat fungsi fitur ini  dapat digunakan memesan merchandise akan dapat digunakan  lebih luas  lagi seperti misalnya untuk  peluncuran  film-film dan lain-lain, sehingga bukan tidak mungkin fitur ini akan menjadi andalan insan hiburan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda