Scroll to Top

Motor Berbahan Bakar Kotoran Manusia Tempuh Jarak 965 Kilometer

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

Toilet Bike Neo

Temuan “gila” terjadi di Jepang. Perusahaan toilet Toto mengembangkan sebuah motor beroda tiga yang berjalan dengan bahan bakar kotoran manusia. Kalau motor ini butuh “minum”, tinggal diisi dengan kotoran pengendaranya.

Mungkin terdengar jijik. Namun, motor ini mampu melaju sampai kecepatan 80 km/jam. Dan, saat ini dipakai untuk tur keliling Jepang untuk menempuh jarak 965 km dari kantor pusat Toto di Kitakyushu menuju Tokyo. Dijadwalkan, motor bernama Toilet Bike Neo ini sampai tujuan pada 2 November 2011.

Rahasia motor toilet ini terletak pada kemampuannya mengubah kotoran menjadi biofuel. Dengan modifikasi mesin yang dilakukan para insinyur cerdas, pemakaian biofuel mampu mengatasi emisi CO2 sampai berkurang 50 persennya. Selama enam tahun, Toto mengklaim kendaraan eksperimennya ini masih bisa menjaga diri dari persoalan emisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda