Scroll to Top

Indonesian Premier League Terhenti Hingga 26 November 2011

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

Indonesian-Premier-League

Awalnya, ada lima pertandingan Liga Prima Indonesia yang akan digelar Oktober ini. Namun, belakangan, empat pertandingan sisa ditunda. Satu-satunya laga adalah saat Persib menahan imbang tamunya, Semen Padang 1-1 yang disebut sebagai duel pembuka kompetisi tertinggi negara kita pada musim 2011/2012.

 

Peserta Liga Belum Siap

Banyak yang mengira, penundaan ini terkait dengan kisruh 14 klub yang konon enggan bergabung dengan Liga Prima atau bernama “keren” Indonesian Premier League. 14 klub itu bahkan bersiap menggelar laga tandingan. Namun, ternyata tidak demikian.

PT Liga Prima yang menaungi liga baru ini menyatakan bahwa empat pertandingan lain ditunda lebih karena kesiapan teknis. Hanya ada satu pertandingan yang kedua timnya benar-benar siap bertanding, yaitu Persib dan Semen Padang.

Laga Persiba Bantul dan Persipura Jayapura yang semestinya digelar pada 16 Oktober misalnya. Tim mutiara hitam selaku juara bertahan, mengaku tak cukup waktu persiapan menjelang laga pertama di Bantul. Apalagi administrasi belum beres. Kasus yang sama juga terjadi untuk laga Deltras Sidoarjo vs Persema Malang, Persisam vs Persiba Balikpapan.

Sementara, masih ada satu pertandingan lagi yang mesti dilakoni Persib. Empat hari setelah melawan Semen Padang,mereka menjamu Persipira pada Rabu besok. Namun Persib tidak mau menjalani dua laga sementara tim-tim lain baru bermain sekali, bahkan belum berlaga sama sekali.

 

Takut AFC?

Bagi klub-klub penentang Liga Prima, pertandingan Persib vs Semen Padang Sabtu lalu dianggap sebagai pertandingan ujicoba. Mengingat, masih amburadulnya jadwal liga dan pengurusan para pemain.

Namun, banyak yang beranggapan pula, laga tersebut “dipaksakan” demi menghindari ancaman sanksi AFC. Setidaknya, Oktober ini, liga sudah bergulir, entah satu pertandingan atau berapa pertandingan.

Rencananya, PT Liga Prima akan merilis jadwal keseluruhan Liga Prima pada pekan ini. Namun, belum jelas kapan waktunya. Yang jelas, liga dipastikan dimulai setelah SEA Games 2011 atau tepatnya 26 November 2011.

Berkaitan dengan SEA Games, Indonesia yang menjadi tuan rumah ajang multiolahraga ini diharapkan mampu mencapai final cabang sepakbola. Namun, mengingat dalam dua SEA Games terakhir timnas U-23 kita cuma mentok di babak penyisihan, target ini cukup berat.

 

Pujian untuk Suporter

Sementara itu, perwakilan AFC yang datang ke laga pembukaan antara Persib melawan Semen Padang, memuji sepakbola Indonesia. Sayang, pujian itu bukan ditujukan pada PSSI. Melainkan pada para bobotoh Persib yang membludak. Bahkan, banyak yang tidak bisa masuk ke stadion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda