Scroll to Top

Spa Ikan Bisa Menyebarkan Virus HIV

By Ika / Published on Tuesday, 18 Oct 2011

spa ikan garra rufa

Pernah mendengar spa ikan? Pedikur kaki menggunakan spa ikan yang satu ini memang sedang populer mana-mana. Namun seorang ahli kesehatan memberi peringatan serius bahwa spa ikan bisa menularkan penyakit HIV dan juga hepatitis. Jadi, bagi mereka yang memiliki penyakit menular sebaiknya tidak melakukan spa ikan.

Peneliti mengatakan bahwa penularan penyakit berbahaya lewat spa ikan, di mana ikan Garra Rufa tersebut akan menggigiti kulit-kulit mati dari kaki para pengguna spa, kemungkinannya memang kecil, tapi bukan berarti bisa diabaikan begitu saja.

Selain itu, kolam untuk spa ikan diduga mengandung banyak mikroorganisme yang mungkin akan merugikan kesehatan. Jadi penularan bakteri bisa melalui air spa atau melalui ikan Garra Rufa itu sendiri.

Bayangkan saja, ketika seseorang yang terinfeksi HIV atau hepatitis memiliki luka di kaki lalu menggunakan spa ikan, tentu saja virus-virus penyakit berbahaya tersebut bisa ditularkan kepada orang lain.

Penelitian ini dilakukan mengingat begitu banyaknya spa ikan dan meningkatnya peminat terhadap spa yang satu ini. Namun masyarakat tidak perlu terlalu cemas. Seperti yang dikutip Sidomi News dari Daily Mail, Health Protection Agency (HPA)  mengatakan bahwa bila salon atau tempat spa ikan mengikuti prosedur kebersihan dengan tepat, maka kemungkinan penularan penyakit seperti HIV atau hepatitis tentunya akan sangat rendah.

Di Asia, spa ikan memang populer dan sangat diminati. Namun Amerika Serikat, termasuk Florida, Texas, New Hampshire, dan Washington, telah melarang adanya spa ikan karena khawatir adanya penularan infeksi. Namun di Inggris masih ada sekitar 280 tempat spa ikan.

“Setiap salon harus memeriksa pelanggan mereka, apakah mereka memiliki penyakit yang beresiko menular atau tidak. Salon juga harus memeriksa kondisi kaki para pelanggan untuk memastikan tidak ada luka,” kata Dr. Hilary Kirkbride, konsultan ahli epidemiologi di HPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda