Scroll to Top

Obat Hipertensi Mencegah Alzheimer

By Ika / Published on Wednesday, 19 Oct 2011

Research-Alzheimer
Penderita tekanan darah tinggi yang rentan terkena penyakit Alzheimer, kini punya harapan baru. Seorang ilmuwan Inggris mengatakan bahwa ada obat untuk tekanan darah tinggi yang mampu menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer hingga lebih dari 50%.

Orang yang mengidap tekanan darah tinggi, beresiko terkena penyakit Alzheimer dan penyakit serupa. Tapi penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah bila mereka melakukan pengobatan. Dibandingkan dengan obat-obat hipertensi lain, obat ini mampu menurunkan resiko terjadinya vaskular demensia (suatu kondisi yang disebabkan oleh masalah suplai darah ke otak). Lalu obat apakah itu?

Peneliti dari Universitas Bristol menyelidiki suatu obat yang fokus pada sistem renin angiotensin. Obat yang dikenal sebagai ARBs dan inhibitor ACE, telah diresepkan oleh para ahli medis dalam 10 tahun terakhir ini. Termasuk ramipril, kaptopril, losartan, candesartan dan valsartan.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 4o.000 pasien tekanan darah tinggi yang sudah berumur lebih dari 60 tahun. Seperempatnya memiliki masalah demensia. Pasien yang diberi pengobatan dengan ARBs, resiko terkena Alzheimer turun sebanyak 53%, sedangkan pasien yang memakai inhibitor ACE resikonya turun menjadi 24%. Dibandingkan dengan obat-obat hipertensi lain, pasien tampaknya lebih memungkinkan untuk diberi ARBs.

Seperti yang dikutip Sidomi News dari Daily Mail, Dr.Patrick Kehoe mengatakan bahwa akan sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menentukan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk merasakan manfaat dari obat tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa obat-obat itu menghambat efek dari suatu hormon bernama angiotensin II yang bisa menimbulkan kerusakan berupa plak amiloid di otak yang merupakan ciri khas penyakit Alzheimer

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda