Scroll to Top

Liquorice Mampu Meredakan Rasa Sakit Saat Menopause

By Ika / Published on Wednesday, 19 Oct 2011

Liquorice Root

Menopause yang pasti akan dialami setiap wanita umumnya akan menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri, misalnya rasa panas di tubuh atau berkeringat di malam hari. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Namun sebuah studi ilmiah menemukan adanya zat tertentu di dalam liquorice atau licorice yang mampu mencegah rasa tidak nyaman tersebut yang merupakan ciri khas dari gejala menopause.

Liquorice sendiri biasa disebut akar manis dan merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa wilayah di Asia. biasanya dibuat permen atau manisan.

Sebuah pil dengan kandungan ekstrak liquorice bisa meredakan rasa panas di tubuh saat menopause hingga 80%. Para peneliti juga menambahkan bahwa pil itu juga bisa membantu menjaga tulang kuat dengan cara memperlambat proses pengeroposan tulang (osteoporosis).

Menurut peneliti, ada kemiripan antara zat dalam liquorice dengan hormon estrogen (hormon kewanitaan) yang akan menurun ketika mengalami masa menopause. Jadi mengkonsumsi pil ini bisa menjadi alternatif bagi para wanita yang enggan melakukan HRT (Hormone Replacement Therapy).

Peneliti dari Universitas California Selatan memberikan pil yang mengandung ekstrak liquorice (disebut licogen) kepada 51 wanita yang akan mengalami menopause. Para wanita itu lalu mengkonsumsi pil tersebut sekali dalam sehari selama satu tahun. Mereka juga mencatat setiap gejala yang mereka rasakan pada tubuh.

Butuh waktu sekitar 8 bulan bagi para wanita tersebut untuk mengetahui hasil akhirnya. Namun dalam satu tahun, kebanyakan dari mereka mengalami penurunan frekuensi terjadinya rasa panas di tubuh dan keringat di malam hari. Penurunan tersebut sebanyak 80% atau dari 10 kali menurun hingga 2 kali saja.

“Para wanita merasa bahwa pil ini benar-benar bekerja dan membuat perbedaan,” kata seorang peneliti bernama Donna Shoupe sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda