Scroll to Top

SEA Games 2011: Timnas U-23 Bertemu Malaysia, Thailand, dan Singapura

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 19 Oct 2011

Yongki Aribowo

Harapan boleh begitu tinggi. Timnas U-23 digadang-gadang mampu lolos ke final. Kalau perlu merebut medali emas SEA Games. Namun, tampaknya hal ini agak sulit terjadi. Maklum, Garuda Muda bergabung di grup neraka.

 

Menghadapi Musuh Bebuyutan: Malaysia

Di Grup A, Indonesia akan bertemu dengan Malaysia, sang juara bertahan. 2 tahun lalu Malaysia sukses menekuk Vietnam U-23 1-0 di Laos.

Mengingat suhu perseteruan Indonesia-Malaysia semakin meningkat belakangan ini, bukan tidak mungkin suporter yang menumpahi Jaka Baring akan menjadi teror mengerikan untuk Malaysia. Apalagi Timnas U-23 tentu ingin membalaskan dendam Garuda Senior yang tahun lalu ditekuk Malaysia senior dalam ajang AFF Cup 2010.

 

Bertarung dengan “Juara Abadi” Thailand

Selain Malaysia, Indonesia akan bertemu dengan Thailand. Dua tahun lalu, di Laos, kedua negara tidak bertemu karena Indonesia gugur terlebih dahulu di babak penyisihan.

Sementara, pada SEA Games 2007, Indonesia dan Thailand bertemu di fase grup. Kala itu, Garuda Muda takluk 1-2 oleh Thailand U-23.

Thailand sendiri merupakan negara terbanyak yang memenangkan medali emas di ajang sepakbola SEA Games. Mereka tercatat sudah 13 kali merengkuh posisi tertinggi. Hal ini sangat kontras dengan Indonesia yang baru dua kali. Medali emas terakhir untuk timnas kita diraih pada 1991. Kala itu, belum ada aturan penggunaan timnas U-23 untuk event ini.

 

Ujian Singapura dan Kamboja

Lawan berat berikutnya adalah Singapura. Timnas U-23 mereka dalam dua SEA Games terakhir, selalu merebut medali perunggu.

Dalam dua pertemuan terakhir di ajang ini, Garuda Muda tak pernah menang menghadapi Singapura. Pada SEA Games 2005, timnas U-23 cuma bisa bermain imbang 0-0. Lalu, dua tahun lalu, kita kembali bermain imbang 2-2 dengan Singapura.

Lawan paling ringan di grup ini adalah Kamboja. Pada SEA Games 2007, timnas U-23 berhasil menekuk tim lemah ini dengan skor 3-1. Mengingat pertandingan kala itu digelar di Thailand, tentu timnas berharap akan menang dengan margin jauh lebih besar di Palembang.

 

Grup B Milik Vietnam dan Myanmar?

Kalau Grup A menjadi grup angker, tidak demikian halnya untuk Grup B. Sang runner-up SEA Games 2009, Vietnam, mendapatkan lawan yang jauh lebih mudah. Cuma ada Myanmar yang dinilai cukup tangguh untuk peraih satu medali emas SEA Games ini.

Selebihnya, ada Filipina yang mungkin bisa menciptakan kejutan seperti tim senior mereka di AFF Cup 2010 lalu.

Kemudian, jangan lupakan Laos. Meskipun dianggap sebagai tim gurem, pada SEA Games 2009 mereka tampil luar biasa. Selain bisa menahan Singapura dan Myanmar, Laos mampu menjuarai Grup B setelah mengandaskan Indonesia 2-0.

Dua tim lain, Brunei Darussalam dan Timor Leste bisa dikatakan sebagai tim penggembira saja dalam SEA Games kali ini. Kedua negara pasti banyak berharap tidak ada hujan gol ke gawang mereka.

 

Cuma SEA Games

Setidaknya, inilah satu-satunya hiburan sepakbola di tanah air. Menyusul, dihentikannya Indonesian Premier League hingga SEA Games berakhir. Apalagi ajang kompetisi tertinggi di Indonesia ini terancam kacau menyusul niat 14 klub peserta untuk keluar dari kompetisi.

One thought on “SEA Games 2011: Timnas U-23 Bertemu Malaysia, Thailand, dan Singapura”

  1. Kalo aku yakin aja TIMNAS Garuda ku JAYA
    dan kalo boleh usul sih … kostumnya pakai merah putih aja deh … jangan pakai merah hijau …
    hehehe pokoknya … MERAH … PUTIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda