Scroll to Top

Flu Babi Beresiko Tinggi Menyebabkan Keguguran Pada Wanita Hamil

By Ika / Published on Wednesday, 19 Oct 2011

Ibu HamilPara ilmuwan memperingatkan bahwa ibu hamil yang terserang flu babi, beresiko keguguran lima kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengidap flu babi.

Para peneliti dari Universitas Oxford pun mendesak para wanita hamil untuk segera mendapat imunisasi flu. Apalagi saat ini akan memasuki musim dingin, di mana flu bisa sangat mudah menyerang siapa saja. Flu babi yang dimaksud adalah jenis flu yang sempat menjadi pandemi di tahun 2009 sampai tahun 2010.

Studi ilmiah ini melibatkan 256 wanita hamil yang telah tertular virus flu babi antara bulan September 2009 – Agustus 2010. Tujuh di antaranya mengalami keguguran, sementara 3 bayi lain meninggal sesaat setelah dilahirkan. Ini setara dengan adanya 39 bayi meninggal (baik keguguran maupun meninggal sesaat setelah lahir) di antara 1.000 wanita hamil yang terinfeksi, sedangkan pada 1.000 wanita yang tidak terinfeksi hanya ada 7 kasus kematian bayi.

Dr.Martin Knight mengatakan bahwa hasil dari studi ilmiah ini menunjukkan bukti baru bahwa flu babi  atau yang sering disebut H1N1 ini benar-benar berpengaruh pada kehamilan, bahkan meningkatkan resiko kematian pada bayi.

“Dengan mendapat imunisasi flu, wanita  hamil dapat mencegah resiko buruk dari flu babi, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi sang bayi,” kata Dr.Martin Knight seperti yang dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Flu babi sendiri memiliki gejala yang mirip dengan demam biasa. Penderitanya akan mengalami demam tinggi (lebih dari 38°C), nyeri otot, sakit tenggorokan, dan umumnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu tanpa perawatan spesialis.

Kekebalan wanita biasanya menurun ketika ia sedang hamil. Hal ini membuat mereka mudah terserang penyakit, termasuk flu babi.

Janet Scott, peneliti dari Sands (Stillbirth and Neonatal Death Charity) mengatakan pada BBC bahwa mungkin ada banyak wanita hamil yang tidak sadar bahwa flu bisa beresiko bagi bayi mereka. Namun imunisasi awal bisa mencegah kemungkinan buruk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda