Scroll to Top

Carbapenem, Bakteri Super Penghadang Antibiotik

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 20 Oct 2011

antibiotik

Kala Anda mengalami sakit yang disebabkan bakteri, mungkin dokter akan memberikan antibiotik. Obat ini melawan secara efektif terhadap bakteri patogen. Biasanya, Anda akan diminta makan antibiotik sekali pun keluhan sakit sudah tidak dirasakan.

Memang benar. Jika Anda tidak meneruskan melanjutkan obat antibiotik sesuai petunjuk dokter, bisa membuat bakteri menjadi lebih kuat daya tahannya. Bakteri juga melakukan perlawanan terhadap antibiotik. Saat Anda memutuskan menghentikan obat antibiotik dan bakteri ini belum mati, maka dia bisa membuat Anda sakit kembali.

Di Korea, penyalahgunaan antibiotik memunculkan sebuah bakteri yang super kuat. Antibiotik buatan manusia jenis apa pun belum mampu menangkal bakteri ini. Namanya carbapenem.

Menurut Profesor Yoon Yeo-Joon, ilmuwan dari jurusan Ilmu Nano dan Kimia di Universitas Wanita Ewha di Seoul, mengatakan, bakteri mampu bertahan saat berhadapan dengan antibiotik. Dia akan beradaptasi dan mengembangkan ketahanan diri secara lebih baik lagi.

“Memaksa manusia untuk menggunakan antibiotik yang lebih ampuh,” kata Yoon seperti dikutip KBS World.

Namun, Yoon membuka harapan baru untuk melawan bakteri super ini. Saat ini timnya sudah mulai memahami jalur biosintesis antibiotik. Pengembangan selanjutnya sangat memungkinkan dibuat penangkal bagi bakteri carbapenem.

Munculnya antibiotik diawali dengan ditemukannya obat Penisilin pada tahun 1941. Setelah itu bermunculan obat antibiotik lainnya, sepeti amoxilin atau ciprofloxacin. Setiap antibiotik berbeda peruntukan dan dosisnya dalam melawan bakteri. Oleh karena itu, makan obat antibiotik sebaiknya sesuai petunjuk dokter untuk memastikan keefektivan dan keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda