Scroll to Top

Jus Buah Atau Buah Segar yang Paling Sehat?

By C Novita / Published on Friday, 09 May 2014

Minum jus buah tentu segar sekali ya, apalagi dengan tambahan es, susu, serta sirup yang manis dan wangi. Tidak perlu mengunyah dan lebih praktis lagi bila beli jus buah kemasan. Namun apakah nutrisi yang dikandung jus buah akan sama dengan buah segarnya? Mana yang lebih bermanfaat, jus buah atau buah segar? Penasaran, simak saja informasi berikut ini:

  • Kulit yang bernutrisi

Tahukah bahwa pada beberapa jenis buah, kulitnya malah lebih bernutrisi ketimbang daging buahnya? Nah, jika Anda membuat sendiri jus buah yang hendak Anda konsumsi, maka sebaiknya ketahui jenis buah yang tak perlu dikupas kulitnya. Misal anggur, apel, semangka (kulit putihnya), juga tomat dan pear. Ada flavonoid, karotenoid juga vitamin dan antioksidan lainnya yang bermanfaat jika dikonsumsi.

  • Nutrisi Ampas

Jus buah kadang membuang ampas buah yang sejatinya dibutuhkan juga oleh tubuh kita. Ampas itu kaya nutrisi dan vitamin, serta memperlancar pencernaan. Dalam hal ini, mengonsumsi buah segar lebih baik sebab ampasnya tak dibuang.

  • Serat

Pada ampas ada serat buah yang tinggi. Manfaat serat pada ampas ini juga hampir sama, yaitu membantu proses pencernaan dan membersihkan saluran cerna. Jadi bila jus yang Anda konsumsi dilakukan proses penyaringan atau membuat serat, sebaiknya pilih buah segar.

Tambahan gula dan susu pada jus juga sebaiknya tak dilakukan, sebab ini akan menaikkan kadar gula Anda dengan signifikan. Pada buah segar sendiri sudah ada kandungan gula alami, yang jika dilakukan penambahan lagi dapat menyebabkan Anda yang menderita diabetes mengalami lonjakan kadar gula darah. Jadi, pilihan menyantap buah segar lebih aman dan sehat ketimbang jus buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda