Scroll to Top

iTunes, Aplikasi Berbasis Cloud Computing Penanda Era Baru Industri Musik

By Nope / Published on Tuesday, 07 Jun 2011

Apple benar-benar ingin menjadikan iTunes sebuah revolusi dalam industri musik dunia. iTunes yang terlebih dahulu menyabet gelar sebagai layanan musik terpopuler di Amerika Serikat, kali ini mengimplementasikan layanan musik mereka dalam cloud computing dan dipresentasikan dalam ajang WWDC 2011.

Dihargai sekitar $24.99 pertahunnya, para pengguna iTunes dapat mendownload kurang lebih 25.000 lagu. Dengan menegaskan bahwa era baru telah dimulai, iTunes akan menggelar promo besar-besaran dimulai dari USA, Eropa, dan Asia pada bulan-bulan mendatang.

Walaupun menuai banyak kritik karena iTunes dianggap menjual murah lagu-lagu dari para musisi, tapi tetap saja, mau tidak mau dengan membesarnya pengguna iTunes, para produser musik dan musisi terpaksa bergabung dan menjual hasil karya mereka dalam sebuah layanan ciptaan Apple yaitu iTunes.

Microsoft yang sebelumnya mengeluarkan layanan serupa dengan nama Zune di tahun-tahun sebelumnya sudah jauh-jauh hari dipaksa mengakui keperkasaan iTunes dan membuat Zune seperti mati suri walaupun sampai sekarang belum diketahui pasti nasib Zune kedepannya.

Komentar Anda