Scroll to Top

5 Fitur Baru Terbaik Yang Wajib Anda Ketahui Dari Android 4.0

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 20 Oct 2011

Disamping namanya yang kedengaran konyol, Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich namun jangan salah sangka jika versi ini adalah jenis Android yang paling penting hingga saat ini. Dan yang lebih penting lagi Android 4.0 direncanakan akan dibuat menjadi open source.

Ini artinya independen vendor software dapat berhenti untuk membuang waktunya dalam mengembangkan dua versi program yang berbeda dan memusatkan perhatian mereka pada penciptaan aplikasi Android yang terbaik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kejayaan sistem operasi komputer akan sangat tergantung pada ketersediaan aplikasi itu sendiri, dan dibukanya Android menjadi open sourse akan menjadi pertanda baik bagi sistem ini.

Sesuai yang telah diberitakan oleh Google yang menyatakan bahwa Ice Cream Sandiwch menawarkan berbagai macam fitur yang sangat menarik. Akan tetapi untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari Android 4.0 ini maka saya sarankan Anda menggunakan gadget paling gress yang sudah tersedia.

Fitur Ice Cream Sandwich

Hal apa yang akan Anda dapatkan dari Ice Cream Sandwich? Yuk simak 5 fitur yang menurut saya terbaik yang ada di versi Android 4.0 tersebut.

1. Tampilan antarmuka yang lebih universal
Di Ice Cream Sandwich secara fisik tombol back, home, search, dan menu digantikan dengan tombol virtual yang letaknya dibagian bawah layar. Dengan demikian Anda dapat melakukan navigasi secara instan ke tombol back, home atau recent apps. Android versi terbaru ini juga memungkinkan Anda untuk meletakkan satu applikasi ke layar utama atau ketempat lain dengan menciptakan folder. Hal ini akan membuat tampilan antarmuka gadget Anda lebih terorganisasi.

2. Aplikasi yang jauh lebih baik
Ice Cream Sandwich melibatkan banyak API dimana dengan ini akan tercipta aplikasi yang menarik dan bermanfaat. Sebagai salah satu contohnya adalah ‘universal social networking API’ yang memungkinkan Anda menggunakan aplikasi sosial media tak peduli situs jejaring mana yang menjadi favorit Anda seperti Facebook, Google+, atau Twitter.

3. Terjemahan suara
Oh yeah mungkin ini terlihat seperti saingan fitur ‘Siri’ yang terdapat di iPhone 4S, tapi transkipsi suara Anda akan diterjemahkan secara real time da ini sungguh sangat impresif. Walau masih memerlukan banyak pengembangan lagi namun demikian diluar sana banyak developer cerdas yang akan siap menciptakan versi ‘Siri’ yang akan dapat bekerja dengan baik di gadget Android.

4. Web browsing yang lebih baik dan cepat
Memang Google masih belum membenamkan Chrome ke dalam Android mereka akan tetapi ada banyak kebaikan Chrome yang terdapat dalam browser bawaan Android. Bahkan Anda saat ini bisa mensinkronisasi browser bawaan Ice Cream Sandwich dengan Google Chrome Bookmark. Anda bisa juga melakukan penyetingan dimana tampilan yang ditayangkan akan menyerupai di desktop dibanding dengan tampilan versi mobilenya.

5. Anda dapat memonitor data yang terpakai
Ok, ini mungkin kelihatan tidak terlalu seksi. Tapi kebanyakan provider telekomunikasi langganan Anda menambahkan beberapa pembatasan terhadap data yang Anda download. Dengan mengethaui berapa banyak sisa kapasitas yang masih tersedia untuk Anda akan menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa memonitor aplikasi mana yang menghabiskan banyak kuota data Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda