Scroll to Top

Maria Gaetana Agnesi: Ahli Matematika di Google Hari ini

By Winda Veronica / Published on Friday, 16 May 2014

Maria Gaetana Agnesi

Maria Gaetana Agnesi, sosok yang ada di logo google hari ini adalah seorang ahli matematika dan filsuf perempuan asal Italia. Maria Gaetana dikenal berkat penulisan buku pertama yang membahas masalah differential dan integral calculus. Beliau juga tercatat sebagai salah satu anggota kehormatan dari Universitas Bologna.

Maria Gaetana Agnesi terlahir 16 Mei tahun 1718 (296 tahun yang lalu), adalah anak tertua dari 21 bersaudara, ia dilahirkan dalam keluarga Italia kaya dan terpelajar dan mempunyai ayah seorang matematikawan.

Lahir di Milan, Maria dikenal sebagai anak ajaib sejak awal, dia bisa berbicara bahasa Italia dan Perancis pada usia lima tahun. Ketika dia berumur 9 tahun, dia menulis dan menyampaikan pidato selama satu jam dalam bahasa Latin.

Pada ulang tahunnya yang ketiga belas dia telah menguasai bahasa Yunani, Ibrani, Spanyol, Jerman, Latin, dan disebut sebagai “Poliglot Berjalan”.

Agnesi

Nama Agnesi mendapatkan satu tempat istimewa dalam kepustakaan matematika melalui sumbangan kecilnya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik.

Kurva tersebut dikenal sebagai sihir dari Agnesi karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis betina.

Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Diletakkan batu pertama di bagian depan gedung Luogo Pio yang bertuliskan prasasti yang isinya “Terpelajar dalam Matematika, Keagungan Italia dan abadnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda