Scroll to Top

Jika Kalah Lagi, Pelatih Unai Emery Terancam Dipecat dari Valencia

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 21 Oct 2011

Unai Emery

Bicara persaingan di La Liga, Valencia masih bisa dikategorikan sebagai salah satu unggulan untuk mengejutkan Barcelona dan Real Madrid. Ya, klub yang bermarkas di Mestalla ini cukup disegani, terutama sejak akhir 1990-an hingga saat ini. Bahkan, Los Che berhasil memboyong gelar La Liga pada musim 2001/2002 dan 2003/2004.

 

Dibelit Jeratan Utang

Namun, bicara tentang kekayaan, Valencia ibarat David melawan kembar Goliath. Barcelona dan Real Madrid bisa saja mendatangkan pemain bintang ini dan itu. Ibaratnya, siapa pun yang ditunjuk Jose Mourinho, akan dibeli oleh Florentino Perez.

Bagaimana dengan Valencia? Sejak awal 2000-an, ketika mereka begitu berjaya, Valencia sudah dikenal sebagai pengekspor bintang.

Dahulu, Los Che rela-rela saja melepas Claudio Lopez dan Gaizka Mendieta ke Lazio. Hal ini terus terjadi. Apalagi, seiring dengan memburuknya kas hampir seluruh klub Liga Spanyol selain Barcelona dan Real Madrid.

 

Siapa Yang Dijual Berikutnya?

Juan Mata Valencia
Juan Mata Saat Berkostum Valencia

Musim 2010/2011 menjadi puncak kekesalan pendukung Valencia. Unai Emery, sang pelatih, tidak bisa berbuat banyak ketika petinggi klub merilis dua kunci permainan mereka. Pertama, pencetak gol terbanyak timnas Spanyol, David Villa, diberikan kepada Barcelona demi menutupi utang.

Belum cukup penderitaan, David Silva pun ikut dilepas demi alasan yang sama. Silva kini menjadi napas permainan klub kaya baru Liga Inggris, Manchester City.

Musim ini tak lebih baik. Juan Manuel Mata, sang penyihir Mestalla, dibiarkan mendatangi Stamford Bridge untuk menjadi jagoan baru Roman Abramovich.

Menghilangkan tiga pemain bintang tak berarti Valencia langsung selamat dari keterpurukan. Bukan tidak mungkin mereka akan menjual Roberto Soldado suatu saat nanti.

 

Kalah Lagi, Unai Emery Siap Dibuang

Pendukung Valencia pasti akan sedikit menerima kebijakan klub kalau prestasi Los Che tetap baik. Namun, dari pertengahan September hingga kini, Valencia cuma menang sekali dalam enam pertandingan terakhir. Selebihnya, tiga kali seri dan menjadi pecundang dua kali.

Di Lig

a Champions, baru-baru ini, mereka ditekuk oleh tuan rumah Bayer Leverkusen 2-1. Unggul 0-1, para pemain Valencia seolah pusing tujuh keliling mempertahankan skor. Sebaliknya, Leverkusen yang tenang mampu membalikkan keadaan.

http://www.youtube.com/watch?v=lno0MIC3-FE

Kemuakan pun berlanjut. Hari ini, La Agrupación de Peñas del Valencia, mengeluarkan pernyataan keras di situs resmi mereka. Para pemain Valencia, pelatih Unai Emery, dan terutama jajaran petinggi klub terkena semburan.

Ada tujuh pernyataan yang keluar dalam situs tersebut yang intinya mempertanyakan hilangnya semangat, keberanian, loyalitas, dan ambisi pemain Valencia.

Ultimatum ini akan semakin membesar kalau pada Senin, 24 Oktober 2011 mendatang, Valencia kembali kehilangan poin saat berhadapan dengan Athletic Bilbao.

Ujung-ujungnya, Unai Emery yang kemungkinan didepak terlebih dahulu dari tim. Padahal, pelatih ini telah memberikan segalanya. Termasuk finish di peringkat ketiga dalam dua musim terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda