Scroll to Top

Super Coppa Italia Digelar di Beijing

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 08 Jun 2011

Untuk keempat kalinya dalam sejarah, Supercoppa Italiana (Piala Super Italia) akan digelar di luar Italia. Piala yang diperebutkan antara juara Liga Italia dengan juara Coppa Italia ini direncanakan untuk diselenggarakan di Stadion Nasional Beijing di ibukota Cina, Beijing.

Sebuah kebetulan jika Piala Super Italia 2011 mempertemukan dua klub dari kota Milan. AC Milan sang juara liga akan berhadapan dengan seterunya Internazionale, yang berhasil memboyong Copa Italia.

Sebenarnya, baik AC Milan maupun Internazionale tidak mau bertanding di Beijing. Kedua tim lebih memilih Stadion San Siro, kandang mereka selama ini. Di samping karena memang seharusnya demikian (pertandingan yang diselenggarakan untuk kompetisi Italia diselenggarakn di Italia), dipastikan jika pertandingan digelar di San Siro, Milanisti dan Internisti lokal akan memberikan energinya; mendukung kedua klub bertarung hingga penghabisan.

Namun, apa boleh buat. Seiring berkembangnya industri sepakbola, segala sesuatu mesti dianggap sebagai bisnis. Apalagi Liga Italia tengah merosot pamornya. Liga ini kalah dibandingkan dengan Liga Spanyol dan Liga Inggris dari segi pemasukan.

Dengan menggelar pertandingan di Beijing, diharapkan Supercoppa Italiana akan meraup pasar Asia untuk mengembalikan Liga Italia ke tempatnya semula; sebagai kiblat pertama liga dunia. Alhasil, AC Milan dan Internazionale mesti mengalah.

Sementara itu, bagi fans kedua klub di Asia, terutama di Cina, barangkali pemindahan venue Super Coppa Italia menjadi berkah tersendiri. Mereka bisa menyaksikan bagaimana Alexander Pato atau Samuel Eto’o berlaga di lapangan; tidak hanya melalui tayangan televisi seperti selama ini.

Selanjutnya, pertandingan Supercoppa Italiana ini kemungkinan besar akan diselenggarakan pada 6 Agustus 2011; atau dua minggu setelah Copa America berakhir.

Sebagai catatan, Supercoppa Italiana pernah diselenggarakan di Libya pada 2002, Amerika Serikat pada 2003, dan Beijing pada 2009.

Komentar Anda