Scroll to Top

7 Langkah Tepat Untuk Sehat

By Ika / Published on Saturday, 22 Oct 2011

eating-fruitSiapa yang tidak ingin berumur panjang? Banyak orang yang menebak-nebak apakah mereka bisa mencapai usia 90 tahun atau bahkan usia 100 tahun. Apakah bisa? Jawabannya, kenapa tidak?

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, Dr.Clyde Yancy mengatakan bahwa usia panjang tergantung dari gaya hidup seseorang. Jadi, semua orang bisa saja memiliki umur panjang apabila mereka selalu menjaga kesehatan dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Ini dia 7 langkah sederhana yang bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk berumur panjang.

  • Selalu aktif :

Jangan terlalu lama bermalas-malasan dan gunakan tenaga Anda untuk berolahraga atau bekerja. Seseorang yang tidak aktif beresiko dua kali lipat terserang stroke atau penyakit jantung.

  • Kontrol kolesterol tubuh :

Kolesterol yang menumpuk dalam darah bisa membuat timbunan lemak dalam arteri. Hal ini sering menjadi penyebab utama beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

  • Kontrol tekanan darah :

Selalu ukur tekanan darah Anda secara rutin dan lakukan penanganan yang tepat apabila ternyata tekanan darah Anda tidak normal. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi atau yang sering disebut ‘silent killer’ ini, harus lebih waspada.

  • Lakukan diet sehat

Untuk menghindari kolesterol meningkat atau tekanan darah tinggi, terapkan pola makan yang sehat. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi dan serat tentunya bisa meningkatkan kesehatan Anda.

  • Berat badan ideal

Demi kesehatan Anda, sebaiknya jaga berat badan Anda agar tidak terlalu kurus maupun tidak terlalu gemuk. Para ahli medis juga memperingatkan, kelebihan berat badan (obesitas) bisa meningkatkan resiko terkena penyakit. Selalu atur pola makan dan sering berolahraga adalah kunci mendapatkan berat badan ideal.

  • Kontrol gula darah

Gula darah yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan diabetes. Sedangkan diabetes akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi, penyempitan arteri, maupun stroke. Hindari diabetes dengan menjaga berat badan, menerapkan pola hidup sehat, dan selalu konsumsi makanan bernutrisi tinggi.

  • Stop merokok

Seperti yang sudah banyak diketahui orang, rokok hanya akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, kanker paru-paru, maupun bronkitis akut. Segera tinggalkan kebiasan buruk ini bila Anda ingin hidup sehat dan berumur lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda