Scroll to Top

Wanita yang Terlalu Kurus Bisa Susah Hamil

By Ika / Published on Tuesday, 25 Oct 2011

timbang berat badanSelama ini, kegemukan dituding sebagai sumber masalah kesehatan. Namun untuk urusan kehamilan, menjadi gemuk masih lebih baik daripada memiliki tubuh yang terlalu kurus.  Hal ini diperkuat dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa wanita yang sangat kurus cenderung untuk susah hamil bila dibandingkan dengan mereka yang bertubuh gemuk atau obesitas. Jadi bila Anda adalah seorang wanita yang ingin memiliki tubuh super tipis seperti para model sekaligus ingin punya anak, sebaiknya perhatikan dulu hasil studi dari para ilmuwan ini.

Penelitian dilakukan oleh Dr.Sherbahn di Chicago. Penelitian ini melibatkan sejumlah wanita yang dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan angka BMI (Body Mass Index), yaitu kategori gemuk (obesitas), normal, dan kategori sangat kurus. Untuk tubuh sangat kurus, angka BMI-nya adalah antara 14-18.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa 50% dari jumlah wanita dengan berat badan normal, bisa memiliki seorang bayi. Sedangkan untuk kategori gemuk (obesitas), yang berhasil memiliki anak ada 45%. Untuk kategori wanita berbadan sangat kurus, hanya 34% persen dari mereka yang bisa memiliki bayi.

Memiliki tubuh yang terlalu kurus ternyata menurunkan kemungkinan seorang wanita untuk hamil, hal ini seiring dengan penurunan hormon estrogen (hormon kewanitaan) yang terjadi pada wanita bertubuh sangat kurus. Tapi alasan ini belum terlalu kuat dan peneliti berusaha mencari sebab lain.

Kemungkinan lainnya adalah karena wanita yang sangat kurus bisa jadi memiliki gizi yang kurang baik. Hal ini tentu saja mempengaruhi kehamilan itu sendiri.

“Orang yang terlalu kurus mungkin tidak memiliki gizi yang baik. Dengan keadaan seperti ini, bukanlah waktu yang tepat untuk bereproduksi, rahim pun mungkin juga sedang tidak berada dalam kondisi yang baik untuk hamil,” kata Dr.Sherbahn seperti yang dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Jadi bagi Anda yang ingin hamil, penuhi gizi tubuh dengan baik. Tubuh yang sehat dan bugar tentu akan memudahkan kehamilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda