Scroll to Top

Akan Bermain Dimanakah Eden Hazard Musim Depan?

By Wan Faizal / Published on Saturday, 22 Oct 2011

Eden Hazard. Adalah seorang pemain muda berdarah Belgia yang bermain di klub Ligue 1 Prancis, OSC Lille, yang sejak musim lalu diperebutkan beberapa klub raksasa Eropa.

Klub-klub seperti Real Madrid, Barcelona, Bayern Muenchen, Chelsea, Inter Milan, dan Arsenal adalah para pengantri tanda tangan pemain berusia 20 tahun ini.

Dilihat dari klub-klub yang meminatinya, tentu Hazard bukanlah pemain sembarangan. Muda, berbakat, cepat, dan kreatif di lapangan adalah beberapa faktor yang membuat klub-klub tersebut kepincut dengan Hazard.

“Eden adalah pemain spesial yang memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi pemain yang luar biasa. Fisik, teknik, dan mental, dia memiliki semuanya,” ucap rekan Hazard di Lille, Joe Cole.

Lalu, klub manakah yang cocok bagi pemain kelahiran 7 Januari 1991 itu. Mari kita bahas satu-persatu.

Real Madrid

Semua sudah tahu jika Real Madrid adalah tim yang dijuluki Los Galacticos, tim yang berisi taburan pemain-pemain bintang nan berbakat. Sejak era Presiden Florentino Perez, Madrid tak pernah berhenti mendatangkan pemain bintang, meski pemain tersebut belum tentu cocok dengan skema sang pelatih.

Baru sejak Madrid di bawah komando Jose Mourinho, filosofi Madrid berubah menjadi memburu pemain yang benar-benar dibutuhkan. Dan salah satu dari pemain incarannya adalah Eden Hazard.

Berita seputar ketertarikan Madrid pun diungkapkan oleh agen Hazard. “Memang benar bahwa Madrid telah mengamati Hazard sejak lama. Penampilan Hazard sendiri juga menunjukkan bahwa ia telah siap untuk bermain di salah satu klub besar, termasuk Real Madrid.”

Direktur Sepakbola Madrid, Zinedine Zidane, sendiri juga mengaku mengagumi talenta Hazard. Perez selaku presiden juga telah memberi lampu hijau untuk mendatangkan Hazard.

Namun Hazard harus cermat berhitung jika pindah ke Madrid. Kumpulan bintang yang dimiliki Madrid adalah penyebabnya.

Di posisinya saat ini, Hazard harus bersaing dengan pemain sekelas Cristiano Ronaldo, Mesut Ozil, Angel Di Maria, juga Ricardo Kaka. Hazard tentu tak ingin kariernya mandek hanya gara-gara sering duduk di bangku cadangan.

Barcelona

Seorang pemain yang diincar Madrid, bisa juga diincar oleh Barcelona. Begitu juga sebaliknya. Tren ini sudah berlaku pada diri Cesc Fabregas, David Villa, Mesut Ozil, Nuri Sahin, dan beberapa pemain lain.

Tak ingin pemain hebat jatuh ke tangan rival adalah penyebabnya. Begitu juga dengan kasus Hazard. Entah siapa yang hanya ikut-ikutan mengincar, pastinya Hazard harus berpikir dua kali jika berlabuh di Barcelona.

Jaminan meraih gelar seperti menjadi sugesti tersendiri bagi pemain yang dilirik Barcelona. Namun mereka harus ingat, bahwa gaya permainan Barcelona adalah gaya permainan yang spesial. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menyatu dengan permainan tiki-taka ala Barcelona.

Pemain-pemain seperti Ibrahim Afellay ataupun Zlatan Ibrahimovic bisa dikatakan korban dari ketidak mampuan beradaptasi cepat dengan gaya El Barca. Jika jadi pindah ke Barcelona, pekerjaan terbesar Hazard sudah pasti adalah cepat beradaptasi dengan gaya permainan Xavi Hernandez dkk, jika tidak ingin namanya lebih sering berada di bangku cadangan.

Bayern Muenchen

Sudah lama Bayern mengamati permainan Hazard. Meski mereka telah memiliki Arjen Robben, Thomas Muller, dan Franck Ribery, kedatangan Hazard dirasa akan semakin memperdalam dan memperkuat sektor penyerangan Bayern. Bahkan utusan Bayern dikabarkan telah lama mengamati secara langsung permainan Hazard.

Namun kelemahan Bayern adalah mungkin masih kalah populernya Bundesliga 1 jika dibandingkan dengan Premier League, Serie-A, maupun Liga BBVA, yang masih menjadi tiga liga terbaik.

Inter Milan

Inter memang gagal menggaet Hazard di bursa transfer musim panas lalu. Namun hal itu ternyata tak menyurutkan semangat I Nerazzurri untuk mendapatkan tanda tangan Hazard.

Kedatangaan Hazard di Giuseppe Meazza mungkin bisa menjadi solusi lini depan Inter sepeninggal Samuel Eto’o. Meski bukan berposisi sebagai striker, Hazard cukup bisa diandalkan dalam hal mendobrak pertahanan lawan dari lini kedua.

Lain itu, kedatangan Hazard juga bisa menjadi antisipasi kepergian Wesley Sneijder yang juga diminati banyak klub Eropa, terutama duo Manchester.

Chelsea

Sama seperti kasus di Inter, kedatangan Hazard bisa menjadi peremajaan pemain di skuad Chelsea, utamanya di sektor penyerangan.

Hazard akan menjadi pengganti sempurna bagi semakin menuanya umur Florent Malouda. Hal itu sesuai dengan filosofi yang diterapkan pelatih Andre Villas-Boas yang lebih menyukai pemain-pemain muda untuk menjadi andalan timnya.

Jika jadi berlabuh di Stamford Bridge, Chelsea bisa memiliki lini depan dengan perpaduan pemain muda dan pemain yang sedang berada di usia emas dalam diri Fernando Torres, Juan Mata, Romelu Lukaku, Salomon Kalou, dan Hazard.

Arsenal

Dari sekian klub peminat, rasanya Hazard akan cocok bermain bagi Arsenal. Kebiasaan The Gunners yang suka memainkan “darah muda” akan membuat proses adaptasi Hazard menjadi cepat.

Skema permainan Arsenal yang mengandalkan kecepatan, umpan cepat, dan pergerakan pemain yang cepat juga diyakini pas dengan Hazard.

Terlebih disana ia akan kembali bermain dengan Gervinho, dimana kerjasama keduanya menghadirkan gelar juara Ligue 1 musim lalu bagi Lille. Perpaduan keduanya tentu akan menjadi sokongan yang maut untuk Robin van Persie sebagai ujung tombak Arsenal.

Lille

Meski banyak klub yang mengincar, Hazard sejatinya belum tentu akan pindah klub. Ia mungkin saja masih ingin bertahan di Lille dengan dalih ingin membawa klub yang telah membesarkan namanya itu berprestasi lebih tinggi lagi.

Lain itu, Hazard juga berusia masih sangat muda. Jika terlalu cepat pindah ke klub besar, ditakutkan ia tidak akan sanggup menghadapi tekanan kuat yang sering muncul di klub besar.

Oleh karenanya, Hazard pasti juga akan memikirkan opsi bertahan di Lille, setidaknya untuk waktu semusim lagi, untuk lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam rangka persiapan menuju “rumah” yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda