Scroll to Top

Berjemur Pagi Hari Tingkatkan Vitamin D Pemicu Otak Cerdas

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 22 Oct 2011

berjemur pagi hari

Kalau Anda lebih banyak bengong di pagi hari, lebih baik keluar rumah sebentar dan berjemur dengan hangatnya sinar mentari. Dengan begitu, Anda turut serta dalam mencerdasakan otak Anda. Pikiran jadi semakin encer dan tulang-tulang makin kuat dengan bertambahnya vitamin D dalam tubuh.

Bukan rahasia lagi jika sinar matahari mampu mengubah bibit atau pro-vitamin D yang ada di bawah kulit, menjadi vitamin D yang siap dikonsumsi tubuh.Vitamin ini berguna dalam memadatkan tulang, menguatkan gigi, memengaruhi kecepatan gerak (motilitas) sperma, mencegah kanker, dan sebagainya. Satu lagi manfaatnya, yaitu memengaruhi kecerdasan.

Hanya dengan berjemur 10-15 menit, tubuh bisa memproduksi vitamin D sebanyak 1.000-3.000 (IU). Jumlah ini tergantung jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan.

Manfaat  vitamin D terhadap kecerdasan ditemukan oleh peneliti dari Universitas Manchester, Inggris. Relawan berusia 40-79 tahun berjumlah 3 ribu orang dilibatkan dalam studi itu. Mereka melakukan serangkaian tes uji kecepatan dan kecermatan otaknya dalam mengolah dan mengingat informasi.

Relawan juga diukur kadar vitamin D di tubuhnya. Hasilnya, mereka yang memiliki kemampuan otak lebih baik,  cenderung punya pasokan vitamin D lebih banyak dalam tubuhnya.

”Terlihat menyolok hubungan kadar vitamin D dengan kecepatan mengolah informasi terutama pada pria di atas 60 tahun. Apa penyebabnya masih harus diteliti,” kata David Lee, kepala peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda