Scroll to Top

Pilih Menu Sarapan Bergizi untuk Cegah Sindrom Metabolik

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 23 Oct 2011

sarapan bergizi cegah sindrom metabolik

Sekali pun sarapan hanya menyisihkan sedikit waktu sebelum Anda beraktivitas pagi, sebaiknya tetap perhatikan nutrisi dari menu sarapan Anda. Kalau serampangan, akan berpotensi munculnya sindrom metabolik yang mengganggu tubuh Anda.

Sindrom metabolik  adalah sekumpulan penyebab terjadinya penyakit kardiovaskuler. Diabetes dan serangan jantung merupakan salah satu penyakit akibat jangka panjang sindrom metabolik, yang juga dikenal dengan sindrom X.

Perubahan gaya hidup yang dilakukan orang berusia sekitar 35 tahun menjadi salah satu sebab gangguan metabolisme. Merokok, stres, diet yang salah, dan berbagai gaya hidup tidak sehat sehat lainnya, menjadi pemicu lebih cepatnya sindrom metabolisme berubah menjadi penyakit serius. Penyakit akan muncul dalam jangka panjang, yaitu sekitar 15 tahun, yang juga dipengaruhi oleh genetik seseorang.

Pada studi yang dilakukan Universitas Alabama di Birmingham, Inggris, menemukan kaitan nutrisi sarapan pagi dengan potensi terjadinya sindrom metabolik. Pengamatan dilakukan dengan tikus percobaan.

Sebagian tikus diberikan sarapan yang mengandung lemak secukupnya. Hasilnya, tikus tersebut memiliki metabolisme yang baik sepanjang hari. Makanan yang dikonsumsi siang sampai malam harinya, tidak berpotensi menimbulkan sindrom metabolik. Tubuhnya mampu mencerna dengan baik.

“Jika kita mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, maka manfaat dari karbohidrat dapat dirasakan sepanjang waktu. Begitu juga dengan lemak,” kata Martin Young, Ph.D, pimpinan penelitian.

Sedangkan, pada sebagian tikus diberikan sarapan sejenis lalu diberikan lagi makanan berlemak tinggi, tubuhnya mengalami intoleransi glukosa dan berat badannya naik.  Ini yang menimbulkan sindrom metabolik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda