Scroll to Top

Guus Hiddink Pelatih Baru Chelsea?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 08 Jun 2011

Terjawab sudah teka-teki siapa pengganti Carlo Ancelotti. Meskipun belum pasti, Roman Abramovich, sang pemilik The Blues, menyatakan bahwa ia hampir 100% mendapatkan pelatih istimewa. Siapa lagi kalau bukan Guus Hiddink.

Hiddink saat ini memang masih terikat kontrak dengan tim nasional Turki yang tengah bergelut di kualifikasi Euro 2012. Namun, bukan tidak mungkin ia menangani Chelsea. Apalagi Hiddink memiliki pengalaman untuk mengurus skuad kosmopolitan The Blues.

Pada akhir musim 2008/2009, Hiddink sempat diminta untuk menangani Chelsea. Kala itu, tim ini tengah limbung setelah Avram Grant tidak lagi mampu menangani The Pensioners. Hiddink datang dan memberikan “keajaiban”. Ia bahkan mempersembahkan gelar juara Piala FA 2009 setelah Chelsea menaklukkan Everton.

Saat itu Hiddink memang hanya menangani Chelsea sementara. Ia juga tengah terikat kontrak dengan federasi sepakbola Rusia. Namun kini Abramovich memintanya untuk sepenuhnya mengendalikan Chelsea. Artinya, Hiddink, jika ingin memaksakan diri, mesti menangani Chelsea dan Turki sekaligus.

Nama Hiddink mendunia sebagai pelatih bertangan dingin saat ia mampu membawa Korea Selatan, tim yang sama sekali tidak diunggulkan, mencapai semifinal Piala Dunia 2002. Terlepas dari kontroversi pembelaan wasit pada tim Negeri Ginseng, prestasi Hiddink tersebut dinilai sangat luar biasa. Sejak saat itulah, tim yang diasuh Hiddink selalu menjadi “sesuatu”. Buktinya, Rusia bisa diantarkan ke semifinal Euro 2008.

Nah, apakah kali ini Hiddink akan rela melepas Turki demi Chelsea? Mengingat Abramovich memiliki persediaan uang yang tidak terbatas, bukan tidak mungkin hal ini terjadi. Namun, Hiddink juga mesti berhati-hati. Satu musim tanpa gelar, ia akan bernasib sama seperti Carlo Ancelotti, didepak seolah tidak pernah memberikan apa pun.

Komentar Anda