Scroll to Top

SCTV Cup Digelar Dengan Peserta Klub “Penentang” Indonesian Premier League

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 23 Oct 2011

SCTV Cup 2011

Belakangan, sikap klub sepakbola menghadapi kompetisi 2011/201, terbagi menjadi dua kubu. Yang satu, mematuhi liga “resmi” bernama Indonesian Premier League. Meskipun, pesertanya “kurang resmi” karena merupakan campuran antara kompetisi Indonesian Super League dan Liga Primer Indonesia.

Yang kedua, menciptakan liga “non resmi” karena jelas berada di luar naungan PSSI. Namun, pesertanya “resmi” karena hanya berasal dari Indonesian Super League, kompetisi tertinggi musim lalu.

 

Persaingan Hak Siar

Uniknya, ketika klub-klub bersaing dan bertengkar, channel televisi pun melakukan “perang” secara tertutup. Awalnya, dari tayangan laga timnas Indonesia yang pasti menyedot iklan dan minat puluhan juta rakyat Indonesia. Namun, belakangan, bisa merembet ke kompetisi 2011/2012.

Pencipta gebrakan pertama adalah SCTV. Dahulu, laga timnas dipastikan hanya milik RCTI. Namun, channel televisi yang terkenal dengan Liputan6 ini kemudian berhasil menayangkan laga Merah-Putih dalam beberapa kesempatan. Sebenarnya sah-sah saja hal ini terjadi. Mengingat gairah masyarakat untuk menonton sepakbola (Indonesia) meningkat, terutama sejak AFF Cup 2010, wajar jika televisi memperebutkan hak siar.

 

Semua Laga IPL Akan Ditayangkan MNCGroup

Ketika laga Indonesia dimiliki SCTV dengan harga mahal, grup MNC melakukan manuver lain. Mereka mengikat kontrak dengan Liga Prima Indonesia selama empat musim. RCTI, MNCTV, dan Global TV wajib secara bergantian menayangkan seluruh laga di kompetisi “resmi” ini. Jadwalnya pun dibuat “nyaman”.

  1. Secara umum, setiap matchday Liga Prima Indonesia akan digelar dua hari. Artinya, dalam sehari, terjadi enam pertandingan. Enam pertandingan ini dibagi kepada ketiga televisi swasta tadi untuk ditayangkan.
  2. Dengan demikian, setiap televisi menayangkan dua laga setiap harinya. Jadwalnya dibuat serentak. Kecenderungannya, akan ada laga pukul 16.00 dan laga pukul 19.30.

Grup MNC seolah akan “memenangkan” hati pemirsa tanah air. Setelah RCTI selama ini cuma bisa menayangkan tim-tim Indonesia yang berlaga di Asia, kini keadaan berubah. Mereka “melengserkan” kekuasaan ANTV yang sebenarnya berada di luar “persaingan” MNC dan SCTV.

Namun, bagaimana setelah liga kacau? Akankah ada channel televisi yang kelak berani menayangkan Liga Super Indonesia yang kekeh diselenggarakan sejak 1 Desember mendatang dengan peserta terbatas? Musim lalu, Indosiar tak gentar melakukan hal ini. Meskipun, dengan catatan, tayangannya masih di bawah standard.

Musim ini, keadaannya pun bisa jadi demikian. Namun, mungkinkah SCTV yang menayangkan LSI? Mengingat, mereka secara “moral” terikat pada PSSI dan LSI hanyalah liga “gadungan”?

 

Turnamen “Tandingan”

Yang jelas, pada 25-30 Oktober mendatang, SCTV menayangkan acara mereka sendiri, SCTV Cup.

Persisam Putra Samarinda yang selama ini vokal terhadap IPL akan tampil. Mereka akan “ditemani” oleh Persipura sang juara bertahan ISL, Persela Lamongan, dan Pelita Jaya. Awalnya, Persib Bandung dan Persiba Bantul dilansir oleh Liputan6 akan mengikuti turnamen ini. Namun, ternyata keduanya batal hadir.

Jika kita berpikiran negatif, Persib dan dan Persiba termasuk dalam 10 klub yang “setia” dengan IPL. Sementara, empat klub di atas tergabung dalam K-14 penentang IPL.

Jadi, apakah SCTV Cup bisa dikategorikan sebagai turnamen “pra” ISL yang berisi “pembelot rezim baru PSSI”?

Jadwal SCTV Cup sendiri, sesuai yang dilansir oleh pelitamania.com adalah sebagai berikut.

No Hari/Tanggal Pukul Pertandingan
1 Selasa, 25 Oktober 2011 16.00 Persela Lamongan vs Pelita Jaya FC
2 Selasa, 25 Oktober 2011 19.30 Persipura vs Persisam
3 Kamis, 27 Oktober 2011 16.00 Pelita Jaya FC vs Persisam
4 Kamis, 27 Oktober 2011 19.30 Persela Lamongan vs Persipura
5 Minggu, 30 Oktober 2011 16.00 Persisam vs Persela Lamongan
6 Minggu, 30 Oktober 2011 19.30 Persipura vs Pelita Jaya FC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda