Scroll to Top

Fedora 22 Linux akan Tinggalkan Yum

By Ditya / Published on Saturday, 14 Jun 2014
Fedora 20 Linux
Fedora 20 Linux

Distribusi atau distro Linux Fedora 22 kabarnya akan meninggalkan manajemen paket Yum yang selama ini digunakan pada Fedora versi sebelumnya. Red Hat dan komunitas pengembang mengatakan bahwa distro Fedora 22 Linux ini akan hadir dengan perubahan besar-besaran.

Bagi pengguna distro Fedora Linux tentu tak asing lagi dengan manajemen paket Yum. Yum sendiri adalah aplikasi paket manajemen yang berfungsi untuk membantu pengguna mengorganisasi paket aplikasi dan perangkat lunak yang terinstal di sistem operasi Fedora Linux.

Keputusan pengembang Fedora 22 untuk meninggalkan Yum ini cukup mengejutkan. Yum sendiri juga digunakan oleh hampir semua distro Linux turunan Fedora. Lalu apa pengganti Yum? Pengembang Fedora kabarnya akan menggunakan DNF sebagai pengganti Yum yang telah dikembangkan seja beberapa waktu lalu.

“Perubahan ini akan benar-benar transparan bagi pengguna yang menggunakan alat manajemen paket berbasis grafis. Bagi siapa pun yang menggunakan baris perintah langsung akan ada beberapa perbedaan, tetapi semua operasi penting tersedia dengan DNF, menggunakan CLI sintaks yang sama.”

“Sebagian besar tugas-tugas pada perubahan ini selesai. Beberapa plugin dan API calls masih perlu ditambahkan. Implementasi Anaconda payload masih membutuhkan pengujian,” kata Jaroslav Reznik, dari Red Hat.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (13/06/2014), sampai saat ini rilis Fedora 22 masih belum diketahui pasti. Red Hat sendiri akan merilis Fedora 21 pada Oktober mendatang jika tidak ada masalah atau halangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda