Scroll to Top

Microsoft Mendapat Uang Paten Lisensi Android Sebanyak 50%

By Ivan Azzam / Published on Monday, 24 Oct 2011

Seperti yang kita ketahui, Microsoft mendapat uang paten dari penjualan Android. Microsoft mengatakan bahwa perangkat Android adalah subjek dari perjanjian lisensi paten.

Android

Artinya, jika kamu membeli ponsel Android, kemungkinan besar vendor yang tertera namanya di ponsel tersebut atau pabrikan yang membuat hardware untuk ponsel tersebut harus membayar Microsoft tiap penjualannya. Contohnya, hari ini Microsoft mengumumkan perjanjian dengan Compal, pabrikan yang memproduksi smartphone dan tablet untuk pihak ketiga dan memperoleh keuntungan 28 juta dolar per tahun.

Menurut sebuah chart dari blog post, sekitar 55 persen dari penjualan perangkat Android di seluruh dunia adalah subjek dari perjanjian lisensi paten antara Microsoft dan pabrikannya, misalnya Compal.

Bahkan ada yang berpikir, Microsoft menghasilkan uang lebih banyak dari Android dibandingkan Windows Phone miliknya, dan dilaporkan HTC membayar Microsoft 5 dolar per ponsel Android yang dijual.

Microsoft telah memiliki 1.133 perjanjian lisensi paten dengan perusahaan lain. Untuk Android saja, Microsoft menuntut vendor yang belum membayar, termasuk Motorola. Bagaimana menurut kamu strategi Microsoft ini, cerdas atau licik? (via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda