Scroll to Top

Twitter Jokowi vs Prabowo Subianto, Siapa yang Unggul?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 23 Jun 2014

Jokowi vs Prabowo

Tak hanya di jagat offline, baik Joko Widodo atau Jokowi vs Prabowo Subianto juga “bertarung” di jagat maya. Di Twitter misalnya, dua capres tersebut berebut simpatik dari penghuni Twitteruniverse. Jika keduanya beradu, siapa yang unggul? Dan berikut menurut situs TwitterCounter.

Jokowi di Twitter menggunakan nama pengguna @Jokowi_do2 sedangkan Prabowo Subianto memakai nama pengguna @Prabowo08. Jika berdasar jumlah follower, akun Jokowi lebih unggul.

Twitter @Jokowi_do2 menurut situs TwitterCounter miliki 1,6 juta follower dan menduduki rangking 573 dunia. Sedangkan Twitter @Prabowo08 hanya miliki 906 ribu pengikut dan ada di rangking 1.625 global.

Kemudian untuk pertumbuhan jumlah follower akun @Jokowi_do2 juga unggul. Akun milik wong Solo itu bertambah 5.078 follower harian. Sedangkan akun @Prabowo miliki rataan 4.134 follower harian. Lantas apakah follower keduanya real atau hanya sekadar pengikut “telur”?

Menurut situs SocialBakers, dari 1,6 juta follower akun @Jokowi_do2, 23% diantaranya adalah akun “kosong” dan 12% akun tak aktif serta 65% akun real. Sedangkan untuk akun @Prabowo08 hanya 9% follower-nya dicap akun fake dan 6% akun tak aktif serta 85% akun real.

Jadi, mana diantara keduanya yang unggul untuk duel di jagat Twitter? Sedianya ada banyak indikator yang bisa dijadikan patokan. Jumlah Retweet misalnya. Rata-rata tiap kicauan akun @Jokowi_do2 di-RT hingga ribuan kali sedangkan akun @Prabowo08 hanya ratusan.

Namun ini juga belum bisa dijadikan patokan populer atau tidak populer, unggul atau tidak unggul, menang atau kalah, dan lain sebagainya. Fenomena buzzer squad juga tidak bisa dikesampingkan. Terlebih tatkala Debat Capres berlangsung baik itu pra dan pasca, disinyalir banyak twitter bot yang bergentayangan di linimasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda