Scroll to Top

PSSI Batal Gelar Piala AFF U16 2014

By Aditya / Published on Tuesday, 24 Jun 2014

timnas indonesia u16

Piala AFF U16 2014 akhirnya batal digelar di mana Indonesia seharusnya bertindak sebagai tuan rumah. PSSI tidak berniat melanjutkan menggelar ajang tersebut karena kurangnya tim peserta. Namun, PSSI harus menunggu keputusan federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) mengenai pembatalan Piala AFF U16 2014 ini.

“Mungkin satu atau dua minggu ini ada keputusan resminya. Tapi kalau berdasarkan aturan organisasinya, karena ini ditetapkan pada Kongres AFF, maka keputusan pembatalannya juga harus melalui kongres,” jelas Joko Driyono selaku Sekjen PSSI di Jakarta, belum lama ini.

Sebelumnya, Piala AFF U16 2014 dijadwalkan akan digelar di Stadion Manahan Solo pada bulan Agustus 2014 nanti. Semula ada empat tim peserta yang sudah bersedia berpartisipasi, yakni tim nasional Australia, Malaysia, Thailand, dan tentu saja Indonesia sebagai tuan rumah.

Namun, Australia mendadak menarik diri dari ajang ini sehingga peserta hanya tinggal menyisakan tiga tim saja. Ditambah lagi, undangan PSSI kepada sejumlah negara lain, termasuk Jepang, mendapat penolakan.

Hingga akhirnya, Piala AFF U16 2014 diputuskan untuk dibatalkan meskipun PSSI sempat merumuskan format turnamen yang diikuti oleh tiga tim peserta yang tersisa, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

“Tadinya, formatnya ingin diubah yaitu tiga tim saling ketemu. Tapi itu dirasa tidak efektif. Akhirnya, kami bersama Thailand dan Malaysia memutuskan agenda ini didrop dari agenda AFF,” kata Joko Driyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda