Scroll to Top

Menyusuri Keelokan Bawah Tanah Goa Seropan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 25 Oct 2011

stalaktit goa seropan

Ingin melihat keindahan perut bumi yang terbentuk secara alami? Kunjungi saja Goa Seropan yang ada di Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bayangkan saja, di dalam goa ini terdapat air terjun setinggi tujuh meter di bawah tanah. Menakjubkan!

Hanya saja, kalau Anda mau menyusuri seluruh bagian goa ini, persiapkan sendiri semua peralatannya. Karena, tidak tersedia fasilitas untuk caving (menyusuri goa). Namun, Anda bisa meminta bantuan Acintyacunyata Speleological Club (ASC) jika tidak punya peralatan, apalagi keahlian caving.

air terjun goa seropan

Untuk masuk ke objek ini, belum dikenakan biaya retribusi apa pun. Selain bisa menyusuri goa, Anda yang hobi panjat tebing bisa menyalurkan kesenangan Anda di sini. Ada 13 jalur pemanjatan dengan berbagai tantangan.

Panjang goa ini 888 meter. Kedalamannya mencapai 60 meter. Oleh karena itu, mempersiapkan fisik dan mental sebelum adu nyali di goa ini sangat penting. Selain pesona air terjun bawah tanah, perjuangan Anda menuju dasar goa juga dibayar dengan keelokan sungai bawah tanah yang memiliki debit air 750 liter per detik. Itu debit air di musim kemarau.

sungai bawah laut

Memang agak sedikit berat medannya. Di mulut goa, Anda memasuki lorong dengan atap rendah. Setelah itu, Anda akan menemukan ruang yang lebih luas. Anda bisa sejenak meregangkan otot di sini. Perjalanan selanjutnya menyusuri lorong yang berair dan berlumpur. Perhatikan langkah Anda. Semakin ke bawah, Anda akan menghadapi tantangan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda