Scroll to Top

Mobil Volvo Ini Mengerem Otomatis Saat Anda Lengah

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 25 Oct 2011

volvo xc60 t5

Di tengah padatnya kendaraan yang berlalu lalang, faktor keselamatan menjadi kebutuhan utama. Aktivitas tancap gas, mengerem, atau mengurangi kecepatan harus bisa dilakukan dengan seketika. Perubahan kondisi lalu lintas tidak mengizinkan pengemudi kendaraan lengah sedikit pun.

Faktor ini juga yang coba diadopsi Volvo pada produk terbarunya, New Volvo XC60 T5 yang punya fitur city safety. Dengan fitur ini, mobil mampu memperkirakan jarak aman dengan mobil didepannya melalui sebuah sensor. Jika jarak antara dua mobil melebihi jarak aman, maka mobil Volvo ini melakukan pengereman otomatis saat pengemudi lengah untuk menginjak pedal rem dengan lewat fitur auto brake.

Jarak aman bisa disetel sendiri oleh pengemudi. Bisa mulai 10 meter sampai 30 meter lebih. Informasi dari sensor jarak ini, kemudian terhubung dengan layar di dashboard. Di sana tertampil keterangan jarak antara mobil yang dikendarai dengan yang ada di depannya. Sehingga, pengemudi bisa selalu waspada di jalan. Baik melakukan pengereman manual mau pun otomatis, lampu belakang mobil akan menyala untuk memberi sinyal kepada mobil di belakangnya.

Unsur keselamatan lainnya adalah adanya 8 air bag yang ditempatkan pada empat sisi dalam mobil. Yaitu di atas, depan, samping, dan belakang. Kantong ini cukup tebal sehingga tidak kempes dalam mencegah benturan saat mobil terguling akibat kecelakaan.

Sementara itu, Volvo yang satu ini memakai mesin T5 DOHC4 dengan silinder 2000 cc. Tenaganya 240hp/5.500 rpm. Transmisinya memakai powershift 6-speed. Konsumsi bahan bakar juga diklaim lebih hemat. Dan, Anda bisa memiliki mobil ini dengan  harga Rp 735 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda