Scroll to Top

Kenapa Google Inginkan Yahoo?

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 25 Oct 2011

Beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan berita Google yang ingin membeli Yahoo, wo! Walaupun masih belum ada pembicaraan formal akan hal itu dan dimungkinkan Google bisa saja mengurungkan niatnya ini. Namun setidaknya saat ini masih hangat-hangatnyaberedar tentang pro dan kontra jika hal tersebut menjadi kenyataan.

Daripada kita memikirkan sesuatu yang belum pasti terjadi. Bagaimana kalau kita memindahkan pikiran kita sejenak untuk meniliki kira-kira hal apa saja sih yang menjadi nilai tambah dari Yahoo sehingga Google tak kuasa meliriknya.

Check it out yuk daftarnya!

kenapa google inginkan yahoo

Search
Jika dibandingkan dengan mesin pencarian Google, mungkin Yahoo bisa di bilang masih nomor dua. Namun demikian jangan pernah meremehkan mesin pencari ini. Masih banyak loh orang yang melakukan pencarian dengan setia dengan Yahoo. Tiga tahun lalu Google bahkan sempat bekerjasama dalam bidang ‘search advertising’ namun sayangnya hubungan itu tak berlangsung lama hingga setahun kemudian Microsoft yang mengambil alih dengan melakuka ‘deal’ dengan masa 10 tahun dengan Yahoo, dan tampaknya cinta segitiga antara Google-Yahoo-Microsoft menjadi pembicaraan yang empuk bagi para regulator. Bayangkan jika kekuatan dua mesin pencari hebat Yahoo dan Google digabungkan? Bukankah hasilnya bisa luar biasa?

Konten
Yahoo kalah selangkah dengan Google jika kita membandingkan hasil pencariannya. Akan tetapi dari segi konten Yahoo masih jauh lebih unggul. Bahkan salah satu staf Yahoo pernah mengucapkan jika “Yahoo adalah sebuah perusahaan media”. Konten yang original adalah fitur Yahoo yang penting dan tahukah Anda bahwa berita akan mendorong lebih banyak orang untuk melihat iklan yang disisipkan di dalamnya. Tentunya juga akan mendongkrak pula penghasilan perusahaan bukan?

Advertising
Yahoo memang memiliki fitur iklan seperti Yahoo Search Marketing (YSM) . Walaupun tak sepopuler Google Adwords tapi ini tentu saja akan menjadi salah satu daya tarik Google untuk mendapatkan revenue diluar penghasilan iklan utamanya. Bayangkan jikaYSM digabung dengan kecanggihan Adowrds, Boom! Bukan jadi akan menjadi penguasa iklan di internet.

Loyalitas Merk
Banyak pengunjung internet yang setia mengunjungi halaman Yahoo, baik untuk membaca berita ataupun sekedar mengecek email. Jutaan orang mengunjungi Yahoo tiap harinya baik melalui email, berita, olahraga, finansial, dan lainnya. Lamanya keberadaan Yahoo di internet menjadikan pendorong pelanggan setianya untuk tetap mengunjungi halaman situs ini.

Peluang lainnya
Salah satu peluang yang akan menjadi pendorong Google membeli Yahoo adalah kemunculan Google TV, walaupun saat ini Google TV masih dalam proses pengerjaan namun konten yang dimiliki oleh Yahoo tentu saja menjadi sumber utama untuk terwujudnya penyiaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda