Scroll to Top

Sejak 1978, Corvette Ini Baru Jalan 21 Km

By Aditya Mahadika / Published on Tuesday, 25 Oct 2011

Jika seseorang punya mobil antik, biasanya orang tersebut membawanya jalan-jalan sesering mungkin. Tapi rupanya itu tidak berlaku bagi semua orang. Warga Detroit, Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya hanya pernah sekali mengendarai Chevrolet Corvette tahun 1978 ini sejauh 13 mil atau sekitar 21 kilometer!

Cerita ini berawal 33 tahun lalu ketika mobil yang merayakan 25 tahun Corvette itu dibeli sang pemilik dari sebuah dealer di Plymouth, Masaschusset. Mobil limited edition berkelir hitam putih itu menggunakan mesin 350 V8.

Saat pulang dari dealer, ia sempat mengisi bensin 30 liter seharga US$ 5, membawa pulang ke rumah dan tidak pernah mengendarainya lagi. Bahkan sejak 1986, mobil ini hanya disimpan di gudang, diantara kotak-kotak, dan tertutup debu.

Mobil ini akhirnya diputuskan dijual kepada toko barang antik Bud’s Chvevy Buick & Corvette Center di St Marys, Ohio. Pemilik toko, Bud Schoenleben mengatakan penemuan mobil ini sangat unik. Pasalnya, model replika Indy Pace Car Corvette 1978 ini cuma ada 6.502 unit di dunia.

Schoenleben kemudian menjualnya kepada kolektor Corvette terkenal Amerika ‘Corvette Mike’ Milian, plus dengan debu yang masih menempel di bodi mobil. “Mike bilang itu justru menambah nilai jualnya,” kata Schoenleben seperti dilansir Daily Standard, Selasa, 25 Oktober 2011.

Mike memboyong mobil itu ke showroom miliknya di Plymouth, Massachusetts. Ia enggan menyebut berapa harga yang harus ia bayar untuk memboyong Corvette lawas itu. Kalaupun dijual, Mike menetapkan angka US$ 50 ribu atau sekitar Rp 442,85 juta.

Mike menegaskan semua yang ada di mobil edisi terbatas ini masih orisinil. Mulai dari aki, ban, hingga stiker yang menempel di jendela. “Semua asli seperti pada 1978. Bahkan, mobil ini mempunyai fitur opsional yang langka, yaitu radio CB,” kata dia.

Lantas berapa banderol mobil itu bila dilego? Mike belum memberi kepastian. Saat diluncurkan tahun 1978, mobil itu berbanderol US$ 14,631 atau sekitar Rp 129,58 juta. Harga itu setara dengan US$ 51 ribu atau sekitar Rp 451,70 juta dengan nilai uang saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda