Scroll to Top

Cegah Demensia Dengan Makan Ikan

By Ika / Published on Wednesday, 26 Oct 2011

sepiring daging ikan

Demensia adalah turunnya kemampuan kognitif seseorang yang dikarenakan terdapat masalah atau kelainan pada otak. Demensia sangat berkaitan erat dengan beberapa penyakit berbahaya seperti Alzheimer atau stroke, dan umumnya yang terserang demensia adalah mereka yang usianya sudah tak muda lagi.

Menurut para ahli, resiko terjadinya demensia ini ternyata bisa dikurangi dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan rajin mengkonsumsi ikan. Para peneliti mengungkapkan bahwa memakan ikan bisa meningkatkan aliran darah ke otak, hal inilah yang kemudian bisa mengurangi resiko demensia pada seseorang.

Ikan memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Pada dua buah studi ilmiah juga diketahui bahwa omega-3 dapat mengurangi kelelahan mental pada seseorang setelah mereka melakukan tugas-tugas yang berat/sulit.

Masih banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi omega-3 atau suplemen minyak ikan tidak membantu atau tidak berpengaruh pada kinerja otak anak muda, namun para peneliti dari Universitas Northumbria mengatakan bahwa omega-3 yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak bisa sangat berguna bagi para orang dewasa, khususnya yang sudah lanjut usia.

“Mengkonsumsi ikan secara teratur mungkin dapat mencegah penurunan kognitif dan demensia,” kata Dr.Philippa Jackson seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Saat ini para ilmuwan masih terus melakukan penelitian tentang kegunaan omega-3 terhadap para orang tua, khususnya yang sudah berusia 50-70 tahun berkaitan dengan demensia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda