Scroll to Top

Amigdala, Bagian Otak yang Berubah Bentuk Karena Jejaring Sosial

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 26 Oct 2011

jejaring sosial pengaruhi otak

Jejaring sosial tidak hanya menambah pertemanan dan menemukan kembali sosok teman yang lama menghilang. Dari sisi medis, interaksi yang dilakukan lewat jejaring sosial juga mempengaruhi bentuk otak.

Menurut Dr Ryota Kanai, peneliti dari University College, London, mengatakan, ada keterkaitan antara ukuran otak di beberapa bagiannya dengan jumlah teman di jejaring sosial. Salah satu bagian otak yang terpengaruh adalah amigdala. Bagian ini menangani urusan memori dan respon sosial seseorang.

Hasil ini, ungkap Kanai, lebih menguatkan penelitian sebelumnya. Peneliti menemukan kaitan antara volume daerah abu-abu di amigdala di otak, dengan ukuran dan kompleksitas jaringan sosial di dunia nyata

Namun, para peneliti belum sepenuhnya yakin perubahan tersebut murni karena efek berinteraksi lewat jejaring sosial. Bisa pula, bagian otak tersebut membesar karena seseorang semakin baik kemampuannya dalam berinteraksi dengan sesamanya. Tapi, setidaknya, penelitian ini mampu melihat pengaruh internet terhadap otak.

One thought on “Amigdala, Bagian Otak yang Berubah Bentuk Karena Jejaring Sosial”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda