Scroll to Top

Makin Besar Ukurannya, Payudara Lebih Mudah Kena Kanker

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 26 Oct 2011

payudara besar risiko kanker juga besar

Banyak wanita menyukai ukuran payudara besar. Selain mampu menarik mata pria yang melihatnya, bagian tubuh ini juga menjadi semacam simbol seksual yang cukup dibanggakan wanita. Tidak jarang banyak wanita yang melakukan operasi plastik mendapatkan payudara berukuran jumbo.

Tahukah Anda? Ukuran payudara besar itu tidak menjamin bebas dari penyakit. Justru, kalau Anda pemilik payudara besar, rajinlah mengecek kondisi payudara secara rutin untuk mengetahui kesehatannya. Semakin besar payudara, jumlah jaringan di dalamnya juga semakin besar.

Artinya pula, jumlah sel juga sangat banyak dari setiap jaringan yang ada di dalam payudara. Satu atau beberapa sel yang mengalami mutasi genetik dan menjadi sel kanker, dengan mudah menjalar (metastase) ke sel sekitarnya. Peluang terkena kanker jadi lebih besar dengan banyaknya sel di payudara ini.

Meski begitu, kanker payudara juga diakibatkan banyak faktor yang memicu. Faktor keturunan juga dituding menjadi penyebabnya. Kalau punya ibu atau saudara perempuan terkena kanker payudara, maka punya potensi juga mengalami hal yang sama. Obesitas, masa menopause, dan peningkatan usia punya andil pula dalam memicu kanker ini.

Penyebab kanker belum diketahui secara pasti. Para ahli hanya bisa menyajikan faktor-faktor yang dapat memicunya. Secara umum ada dua pemicu kanker, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal seperti zat kimia, radiasi, sinar UV, atau zat karsinogenik. Sementara, faktor internal yaitu terjadinya kesalahan sistem penyusunan kembali dalam sel, dan kegagalan tubuh memperbaiki diri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda